Home Kesehatan Diet Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Serta Nutrisinya

Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Serta Nutrisinya

337
0
SHARE
manfaat seledri untuk kesehatan

Manfaat seledri untuk kesehatan – Seledri adalah tanaman sayuran yang mudah di kembangbiakkan. Tanaman ini bisa di tanam dalam pot atau pada bedengan yang telah di persiapkan. Seledri biasanya di gunakan sebagai pelengkap dalam makanan sop atau dalam masakan telur goreng.

Seledri adalah makanan rendah kalori yang sehat untuk dikonsumsi. Namun demikian, mengkonsumsi seledri tidak hanya karena sayuran ini rendah kalori tetapi karena mengandung sejumlah gizi dan vitamin sehingga merasa penting untuk dimasukkan dalam diet harian. Hampir setiap bagian dari seledri menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelas tentang manfaat seledri untuk kesehatan, berikut kita satu persatu kegunaan dan perannya dalam menjaga kesehatan manusia.

Manfaat seledri untuk kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah bagian penting dalam tubuh, namun kelebihan kolesterol jahat membuat tubuh menderita dan mangalami berbagai penyakit seeprti penyumbatan arteri dan pembuluh darah yang akhirnya menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Seledri berguna untuk menormalkan kolesterol dalam darah dan mengatur vitamin D.

Sebuah penelitian pada tikus percobaan didapatkan bahwa ektrak seledri bisa menurunkan tingkat lipid secara signifikan. Ini berarti mengkonsumsi seledri bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Melawan kanker

Berikutnya, manfaat seoledri untuk kesehatan adalah sebagai agen dalam melawan penyakit kanker. Sebuah penelitian yang di lakukan di Universitas Illinois menunjukkan bahwa seledri mengandung zat Luteolin. Zat diketahui mampu menurunkan perkembangan kanker pangkreas.

Sementara penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi seledri secara teratur bisa menjauhkan seseorang dari serangan kanker payudara.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah masalah kesehatan yang sangat menakutkan terutama ketika peradangan berubah menjadi peradangan akut. Peradangan akut bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti Alzheimer, dan diabetes. Namun, masalah ini di atasi dengan zat yang ada dalam seledri.

Baca Juga:  4 Macam Teh untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagaimana dikutip dari Thealthbenefitsof.com bahwa seldri bisa menenangkan saraf, rasa sakit pada persendia, bahkan bisa menyembuhkan jerawat dan infeksi pada paru-paru.

4. Bermanfaat untuk pencernaan

Manfaat seledri selanjutnya adalah untuk kesehatan pencernaan. Manfaat sangat besar bagi tubuh karena manakala pencernaan tidak sehat, tubuh bisa mendapatkan gizi dengan baik. Kesehatan pencernaan bisa menentukan kesehatan yang lainnya. Masalah konstipasi yang sering di alami juga bisa di tuntaskan dengan mengkonsumsi seledri secara regular.

5. Mejaga mata tetap sehat

Tidak hanya wortel dan telur saja yang baik untuk kesehatan mata tetapi seledri juga sangat baik. Pasalanya adalah karena seledri banyak mengandung vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Dalam artikel “health benefits of celery” disebutkan bahwa mengkonsumsi satu tangkai seledri tiap hari bisa memenuhi kebutuhan vitamin E tubuh sebanyak 10%.

Selain vitamin, seledri juga mengandung berbagai senyawa lain seperti antioksidan, poliphenol, pitonutrient, dan flavanoid yang berguna untuk menjaga kelembaban mata.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah penyakti yang sangat menakutkan karena bisa mengancam jiwa seseorang secara tiba-tiba. Untuk menjauhi penyakit ini kita perlu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh dan berguna untuk menekat tekanan darah tinggi. Salah satu makanan ini adalah seledri.

Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalide. Senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan hormon stres sehingga otot yang berada di sekitara arteri menjadi rileks dan menyebabkan aliran darah lancar. Sementara potasium dalam seledri bermanfaat untuk menstabilkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Demikianlah beberapa manfaat seledri untuk kesehatan semoga bermanfaat dan membuat kita menyukai makanan ini. Untuk mengkonsumsi seledri, kita bisa memasukkannya dalam mie, telur goreng, atau dalam masakan-masakan kuah sop.

Baca Juga:  Efek Samping dari Mengkonsumsi Buah Nanas

Baca juga: Resep mie goren gjawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here