SHARE
manfaat menyesui turunkan resiko diabetes tipe 2

Ibu Melahirkan yang menderita diabetes gestasional akan mengalami penurunan resiko diabetes tipe 2 setelah menyusui bayinya selama 2 tahun. Ini artinya manfaat menyusui tidak hanya dirasakan oleh bayi tetapi juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Berdasarkan info dari American Diabetes Association dalam medicaldaily.com bahwa ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional berkemunginan sangat besar untuk mengalami diabetes tipe 2 setelah melahirkan. Selama kehamilan ibu hamil merasakan kenaikan gula darah dan ini akan menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2 setelah melahirkan. Namun bagi ibu hamil yang menyusui kemungkinan ini akan menurun drastis.

Ibu menyusui akan mengalami penurunan resiko diabetes tipe 2 setelah melahirkan. Ini adalah hasil dari penelitian yang diadakan di kalifornia yang melibatkan lebih dari 1000 wanita yang mengalami diabetes gestasional hingga empat tahun pasca melahirkan.

Berdasarkan data penelitian mengungkapkan bahwa ada 12% wanita yang berkemungkinan mengalami diabetes tipe 2 dalam jangka waktu 2 tahun setelah melahirkan. Namun bagi wanita yang secara eksklusif memberikan susu formula pada usia 6-9 bulan resiko mereka terhadap diabetes lebih besar hingga dua kali lipat dibandingkan mereka yang menyesui. Jadi, wanita yang menyusui bayinya dikatakan mengalami penurunan resiko diabetes 35%-57% dalam masa dua tahun. Perbedaan angka ini sesuai dengan frekuensi menyesui bayi.

Dari hasil peneleitian ini menunjukkan bahwa manfaat menybesui tidak hanya bagi bayi namun juga sangat bermanfaat bagi ibu sendiri karena bisa menurunkan resiko diabetes. Sebenarnya ini bukanlah satu-satunya penelitian yang mengaitkan antara menyeusi dengan kesehatan ibu hamil. Pada awal tahun 2015 ada juga penelitian yang menemukan bahwa ibu menyesui mengalami resiko terhadap kanker payudara lebih kecil dibandingkan yang tidak.

Penelitian ini menyertakan sekitar 1.600 wanita yang menderita kanker payudara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menyusui mengalami penurunan risiko kematian sekitar 28% akibat kanker payudara yang dideritanya.

Baca Juga:  Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil, dan Janin

Tidak hanya itu saja manfaat menyesui bagi ibu hamil, namun menyusui juga merangsang pelepasan hormon oksitoksin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental sang ibu karena membantu mengurangi tingkat stres, tekanan darah, dan risiko depresi postpartum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here