Home Kesehatan Manfaat Keju untuk Melawan Kanker, Hingga 30 Jenis Kanker

Manfaat Keju untuk Melawan Kanker, Hingga 30 Jenis Kanker

371
0
SHARE
manfaat keju untuk melawan kanker

Manfaat Keju untuk Melawan Kanker – Keju adalah makanan sehat dari susu yang difermentasikan. Keju akhir-akhir ini menjadi bahan baru dalam menangkal kanker. Penelitan yang baru di publikasikan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy menunjukkan kemampuannya dalam melawan hingga 30 jenis kanker. Kemampuan keju yang seperti ini membuat keju masuk dalam daftar makanan pembasmi kanker.

Sebagaimana yang dikatakan dalam medicaldaily.com bahwa manfaat keju untuk melawan kanker ini dikaitkan dengan salah satu bahan pengawet alami yang ada dalam keju yaitu nisin. Pengawet ini adalah bubuk berwarna dan berasa yang ada dalam keju baik itu dalam keju brie, camembert, dan cheddar dan dalam beberapa susu lainnya.

Sebelumnya juga ada peneltian tentang nisin yang ada dalam keju, dimana nisin dalam jumlah yang banyak dikatakan memberikanefek positif bagi kesehatan yaitu bisa untuk kesehatan mulut. Mereka yang membuat penelitian ini mengukur jumlah makanan dengan kisaran 0,25-37,4 mg. Melanjutkan penelitian terdahulu, pada penelitian terbaru ini para peneliti menggunakan nisin murni dengan dosis 800mg dalam bentuk milkshake, dan kemudian milkshkae ini di ujicoba pada tikus yang mengindap tumor.

Nah, setelah 9 minggu pengobatan tumor tikus ini, ternyata milkshake ini mampu membunuh hingga 70-80% sel tumor. Selain manfaat keju untuk melawan kanker dikatakan keju juga mampu membunuh bakteri MRSA. Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) adalah bakteri yang menyebabkan infeksi berbahaya dan bahkan bisa sebabkan kematian.

Para peneliti mengatakan bahwa hingga sekrang nisin menjadi bahan kuat terhadap berbagai virus dan mereka mengklaim bahwa hingga sekarang tidak ada bakteri yang kebal dan resistensi terhadap nisin. Ini menunjukkan bahwa nisin bisa di ujicoba sebagai obat untuk berbagai pengobatan.

Baca Juga:  Ilmuwan Menciptakan Kertas Pendeteksi Ebola

Manfaat keju untuk melawan kanker karena mengandung nisin yang dikatakan sangat kuat untuk berbagai virus. Nisin ini bekerja dengan mengikat bakteri dan bekerja sebelum resistensi antibiotik memiliki kesempatan untuk bertindak. Bakteri yang tahan antibiotik dikatakan sangat sulit diobati. Namun dalam hal ini nisin bekerja menghanscurkan koloni bakteri yang bekerjasama untuk menghentikan antibiotik. Dan jika manusia diberikan dalam bentuk milkshake, ini akan memberikan manfaat 20 kali lipat dibandingkan dengan nisin yang ditemukan dalam keju.

Namun demikian, manfaat keju untuk melawan kanker ini hanya baru sebatas pada tikus. Untuk bisa digunakan pada manusia tentu in harus melalui ujicoba yang panjang kedepan. Baru kemudian bisa diketahui apakah nisin pada keju ini bisa bekerja juga dengan cara yang sama pada tikus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here