SHARE
manfaat asam jawa bagi kesehatan

Manfaat asam jawa untuk kesehatan – Asam jawa tidak hanya sebagai rempah dalam memasak namun juga sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah dengan nama latin Tamarindus indica ini diperkirakan datang ke Asia sudah 5000 tahun yang lalu. Manfaat asam jawa sangat banyak sekali baik untuk kuliner atau untuk kesehatan. Dalam kesempatan ini kami akan memberikan beberapa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan kita.

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung
Buah asam jawa banyak mengandung vitamin C yang diklaim sebagai antioksidan yang bagus dalam menjauhi radikal bebas, menjauhi kolesterol dan tekanan darah.

2. Manfaat asam jawa untuk mengontrol berat badan
Asam jawa juga bermanfaat sebagai bahan alami untuk menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu zat yang di ekstrak dari asam jawa adalah asam hidroksisitrat. Senyawa ini dikabarkan bisa menurunkan berat badan karena bekerja dalam menghambat enzim penyimpan lemak. Selain itu, asam jawa juga bisa meningkatkan nafsu makan karena bisa meningkatkan neurotransmitter serotonin.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat asam jawa untuk kesehatan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam asam jawa serta kandungan antioksidan yang tinggi membuat asam jawa bisa menjaga tubuh dari berbagai gangguan kesehatan seperti bakteri dan jamur.

4. Melancarkan sirkulasi
Manfaat asam jawa untuk kesehatan juga berperan dalam melancarkan sirkulasi. Asam jawa adalah sumber zat besi terbaik. Tubuh apabila cukup zat besi maka sel darah merah akan terjaga dan bisa melancarkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

5. Mengatasi nyeri sendi
Manfaat asam jawa juga untuk mengatasi nyeri sendi. Buah ini mengandung zat anti inflamasi yang bisa mencegah rasa nyeri sendi, arthritis, reumatik, asam urat dan asam juga juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri mata.

Baca Juga:  Cairan Pembersih Lantai Berbahaya Bagi Kesehatan

Baca juga:

6. Menjaga fungsi saraf
Manfaat asam jawa bagi kesehatan yang sangat penting adalah untuk menjaga kesehatan saraf. Buah ini mengandung vitamin B yang banyak dan Tiamin adalah bagian terpenting dari vitamin B yang bisa meningkatkan fungsi saraf, pengembangan otot dan membuat anda tetap aktif.

Demikian beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh yang patut kita ketahui, agar kita semakin cinta pada buah alami yang disediakan alam.

Note: Berhati hatilah membeli makanan dan buah buahan, karena sekarang sangat banyak makanan dan buah buahan yang di suntik dengan bahan kimia atau di buat dengan bahan kimiawi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here