SHARE
Makkah di Perkirakan 50 Derajat Celcius

Tanyoe.com – Cuaca di Makkah sekarang berkisar antara 40-45 derajat celcius, ini adalah suhu yang mendekati ektrem sehingga para jamaah haji yang mulai berdatangan diminta untuk waspada.

Kementrian Agama meminta agar jamaah haji berhati-hati dan mempersiapkan dirinya dengan baik selama berada di Makkah.

“Suhu kemungkinan sampai 56 derajat celcius. Jemaah kita diingatkan supaya banyak minum,” ujar Direktur Pembinaan Ibadah Haji dan Umrah Muhajir Yanis saat memberikan pembekalan kepada 357 petugas haji di Hotel Manar Al Muna, Makkah, Minggu (7/8). Demikian yang di lansir dari laman merdeka.com

Muhajir tidak hanya mengingatkan para jamaah saja harus banyak minum tetapi juga para petugas haji. Jangan menunggu haus baru minum tetap harus menjaga air minum setiap saat. Apalagi air Zam-zam, jadi tidak ada perlu dikhawatirkan dengan banyak minum. Yang bahaya adalah tidak minum, dengan cuaca buruk yang suhunya 45 derajat cc bisa membuat tubuh dehidrasi dan kehilangan banyak cairan tubuh.

Sebenarnya, kata Muhajir bahwa untuk mengantisipasi cuaca buruk ini sudah jauh-jauh hari dipersiapkannya misalnya dengan membuat seragam jamaah yang banyak kantongnya.

Pembuatan seragam yang banyak kantong itu bertujuan agar mereka bisa mengisi kantongnya dengan banyak botol air.

Walaupun cuaca panas, namun kelembaban di Makkah masih baik sehingga kita tidak perlu mencemaskan para jamaah, yang penting para jamaah waspada dan selalu sigap.

Para petugas haji harus benar-benar bersabar, tidak hanya karena kondisi cuaca yang panas tetapi juga karena menghadapi banyak jamaah haji dalam cuaca panas, apalagi mayoritas mereka adalah baru pertama kali mengerjakan ibadah haji.

Baca Juga:  Sejarah Asal Mula Kalender Hijriyah (Islam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here