SHARE
makanan palsu asal china

6 Makanan Palsu Asal China – hati hati dengan china, Negara tirai bambu ini memang terkenal dengan ahli dalam memalsukan barang. Mulai dari tas, benda elektronik, bahkan makanan juga bisa dipalsukan di China. Bahkan banyak makanan lainnya terbuat secara imitasi dichina dan telah tersebar di China, bahkan ada makanan palsu yang kini menjadi komoditi ekspornya. INdonesia adalah salah negara yang mengimport beras dari china, ternyata sebahagian berasnya adalah palsu alias beras terbuat dari plastik.

Negara China kini terkenal dengan negara pemalsu barang bahkan makanan, dalam dunia makanan ada sejumlah makanan yang dipalsukan di CHina. Beras palsu adalah yang paling populer karena kini telah sampai ke iNdonesia. Berikut beberapa jenis makanan palsu asal china yang sangat membahayakan.

Makanan Palsu Asal China, Hati Hati

1. Beras Palsu
Kalau anda menyangka bahwa makanan yang tidak mungkin dipalsukan adalah beras, maka dugaan anda salah karena sekarang China berhasil memalsukan beras dan telah beredar di masyarakat. Beras palsu buatan China adalah beras dari bahan seperti kentang, ketela rambat dan bahan sintetis resin. Kemudian semua bahan ini dicampur dan kemudian dibentuk seperti beras.

Ciri ciri beras palsu dari plastik ini adalah dia tetap plastik walaupun sudah dimasak. Bentuknya keras dan tidak mudah dicerna. Beras palsu ini jelas berbahaya bila dikonsumsi oleh manusia. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi 3 mangkok beras plastik sama seperti mengkonsumsi satu plastik vinyl dan satu plastik kresek.

2. Daging domba palsu
Makanan palsu asal china lainnya adalah daging domba, hati hati bagi anda yang tinggal di China, karena pedagang china juga memalsukan daging domba. Daging domba yang dimaksud adalah daging yang dibuat dari daging tikus, rubah, dan cerpelai yang dicampur dengan zat kimia.

Baca juga berita:

Baca Juga:  8 Jenis Beras India Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

Seorang pedagang di China mengaku menambahkan bahan kimia pada daing tikus, rubah dll sebelum menjualnya sebagai daging domba. Daging daging tikus itu dicampurkan dengan bahan kimia yang bernama nitrat, gelatine, dan carmine. Pemalsuan daging seperti ini sudah sering terjadi di China sehingga pihak kepolisian China juga memberikan cara membedakan antara daging domba asli dan domba palsu, karena sekilas dilihat kedua daging ini tidak beda. Di antara cirinya adalah Daging domba palsu akan mudah pecah dan berpisah kalau dimasak.

3. Tahu dari zat kimia
Makanan palsu asal China lainnya adalah tahu yang terbuat dari zat kimia. Tahu adalah makanan populer baik di China maupun di Indonesia. Namun di CHina tahu sekarang sudah dipalsukan. Beberapa waktu lalu polisi China menangkap pedagang yang memasarkan tahu dari bahan kimia.

Salah satu pedagang tahu palsu mengaku bahwa ia membuat tahu palsu dengan cara menambahkan protein kedelai dengan tepung, kemudian menambahkan zat kimia monosodium glutamate, pigmen, dan es. Para pedagang tahu palsu terkadang juga menambahkan zat kimia rongalite, yaitu zat kimia yang biasa digunakan pada pakaian dan sangat berbahaya untuk tubuh. Mereka mengaku bahwa tahu palsu yang dibuat sedemikian rupa akan nampak terang dan putih serta mudah dikonsumsi.

4. Roti dari Kardus
Roti biasa terbuat dari beras atau tepung gandung, namun di china tidak hanya memalsukan handphone tetapi juga roti dipalsukan. Mereka membuat roti dari kardus. Anda pasti merasa heran bagaimana membuat kardus menjadi roti.

Sekelompok orang di CHina membuat roti palsu ini. Mereka memotong-motong kardus dan kemudian dicampurkan dengan zat kimia dan zat perasa daging babi. Kemudian mereka membuatnya dengan roti yang disebut dengan baozi. Pertama, kardus yang dipotong tersebut dicampur soda yang biasa digunakan dalam produksi sabun, selanjutnya dicampurkan dengan zat kimia lain dan dicampurkan dengan zat perasa daging. Proses pembuatan roti dari kardus ini telah tersebar melalui video, namun pemerintah china mengelak dan menangkap reporter yang membuat video tersebut. Mereka mengatakan kalau video pembuatan roti palsu ini adalah Hoax.

Baca Juga:  Merokok Ganja Bisa Menurunkan IQ Remaja

5. Kepiting Yangcheng palsu
Kepiting Yangcheng adalah makanan mahal di China sehingga banyak orang yang ingin memalsukannya. Banyak mereka yang mengambil kepiting biasa kemudian dimasukkan dalam air dari danau Yangcheng, atau dengan menambahkan bahan kimia agar kepiting biasa nampak seperti kepiting Yangcheng yang mempunyai banyak rambut.

Walau nampak tidak berbahaya, namun dalam jangka panjang penggunaan bahan kimia pada kepiting ini pasti akan berbahaya bagi kesehatan. Diperkriakan dari 100.000 ton kepiting yang dijual, hanya ada 3.000 kepiting Yangcheng saja yang asli. Benar benar gila…

6. Mie Palsu dari China
Makanan palsu asal china selanjutnya adalah mie. Mie yang biasanya dibuat dari tepung berkualitas, kini orang china banyak yang memalsukan mie dengan membuatnya dari tepung busuk atau tepung telah berjamur dengan menambahkan bahan kimia. Tepung berjamur ini biasanya dibuat untuk makanan ternak tetapi china menggunakannya sebagai bahan pembuatan mie.

Di antara bahan kimia yang dicampurkan dalam tepung busuk adalah sulfur dioxida yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Ini digunakan agar mie yang dibuat nampak layak konsumsi.

Pabrik mie palsu di Dongguan, china bisa memproduksi 500.000 kilogram mie palsu yang dijual di pasaran. Kepolisian China berhasil membekuk pabrik pembuat mie palsu ini dan diperkirakan terdapat 35 pabrik yang sama yang memproduksi mie palsu. Beberapa di antaranya menggunakan tepung jagung atau nasi yang sudah basi dan memakai pemutih serta boraks dalam produksinya. Makanan ini sungguh sangat berbahaya bagi tubuh manusia, maka berhati hatilah dalam memilih makanan. Lebih sehat kalau anda membuat makakan sendiri dari rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here