Home Kesehatan Makanan-Makanan Ini Berbahaya Jika di Gabungkan

Makanan-Makanan Ini Berbahaya Jika di Gabungkan

426
0
SHARE
makanan yang tak boleh digabungkan

Menggabungkan makanan yang satu dengan lainnya seringkali memberikan rasa yang lebih enak dan memberikan nuansa yang berbeda. Perkembangan kuliner Indonesia yang luarbiasa menyebabkan berbagai makanan bisa di campurkan dengan makanan lainnya sehingga menghasilkan rasa baru yang menarik dan enak di cicipi.

Namun demikian, ada sejumlah makanan tertentu yang apabila dikawinkan atau digabungkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Efek samping yang diberikan oleh makanan gabungan ini kadang bisa sedang, bahkan ada yang menimbulkan efek sangat berbahaya. Berikut tanyoe.com akan mengulas makanan dari produk kedelai atau dari susu yang berakibat buruk bagi kesehatan jika digabungkan dengan makanan tertentu. Yuk kita simak dibawah ini.

Makanan Ini Berbahaya Jika di Gabungkan

1. Produk kedelai dan Bayam

Kita sering melihat orang makan bayam bersama dengan tahu atau tempe dalam satu makanan. tetapi ketahuilah ini sungguh tidak baik dari sisi kesehatan karena bisa mempengaruhi penyerapan kalsium dan menyebabkan terjadinya penyumbatan di perut.

Bayam adalah sayuran yang mengandung asam oksalat, ia akan bereaksi dengan kalsium yang ada dalam kedelai sehingga menyebabkan terjadinya endapan tidak larut dalam usus yang disebut dengan kalsium oksalat. Endapan inilah yang menyebabkan gangguan penyerapan kalsium. Kalau mengkonsumsi campuran ini secara teratur maka akan terjadi Osteoporosis karena tubuh kekurangan kalsium.

2. Kedelai dengan Bawang hijau

Sama halnya dengan kejadian pada nomor diatas. Kedelai adalah makanan yang banyak nutrisi seperti kalsium, sementara bawang hijau adalah sayuran yang tinggi asam oksalat. Apabila kedua bahan ini bercampur maka kan membentuk kalsium oksalat. Kalsium oksalat akan menghancurkan kalsium yang ada dalam tubuh sehingga tubuh kekurangan kalsium. Kalau hal ini dibiarkan berlama-lama maka akan terjadi lack of calcium pada tubuh dan ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan Osteoporosis bahkan patah tulang.

Baca Juga:  198.584 Penduduk Indonesia Terkena HIV/AIDS

3. Susu dan coklat

Gabungan dua bahan ini juga ternyata tidak cocok untuk kesehatan. Karena susu kaya akan kalsium dan protein. Sementara coklat mengandung asam oksalat. Gabungan kedua bahan ini akan menghasilkan kalsium oksalat yang tidak mudah larut dalam tubuh bahkan bisa menyebabkan diare. Jadi wajar saja kalau anak kecil yang diberikan minum susu coklat sering buang air kecil.

4. Susu dan buah pamelo

Selajutnya makanan yang dilarang untuk di gabungkan adalah susu dan buah pamelo. Efek samping yang diberikan adalah kembung perut karena protein dalam susu akan bereaksi dengan asam dalam buah pamelo. Kalau anda mengkonsumsi atau makan secara bersamaan antara pamelo dan susu maka anda berpotensi kekurangan cairan dalam tubuh.

Baca: Makanan ini memicu amnesia

5. Susu Kedelai dan telur

Berikutnya, makanan yang tidak boleh digabungkan adalah susu kedelai dan telur. Susu kedelai mengandung vitamin, mineral, lemak, protein nabati dan karbohidrtat. Nah, kalau tubuh anda kelebihan protein maka tubuh tidak bisa mencerna protein sehingga anda kelebihan protein.

Hal muncul ketika anda kelebihan protein adalah alergi bahkan isa menimbulkanberbagai sel kanker.

Inilah beberapa makanan yang tidak dimakan secara bersamaan atau tidak bisa di gabugnkan dalam mengkonsumsinya. Sebenarya, masih banyak minuman lainnya yang tidka bisa digabungkan karena bisa mengeluarkan reaksi kimia yang berbahaya untuk kesehatan. So, hati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan karena makanan sehat saja bisa menimbulkan efek samping kalau salah dalam mengkonsumsinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here