Home Berita 5 kota Tua di Indonesia dengan Usia Ribuan Tahun

5 kota Tua di Indonesia dengan Usia Ribuan Tahun

1012
0
SHARE
magelang kota tua Indonesia

Peradaban di Indonesia yang sudah dimulai sejak lama sekali dan Indonesia juga mempunyai sejarah yang sangat panjang, begitu juga dengan berbagai kerajaan yang berdiri, namun tidak banyak kota di Indonesia yang hidup atau bertahan hidup hingga ribuan tahun. Berbagai faktor bisa melatarbelakangi baik itu faktor bencana alam, dan faktor lainnya sehingga banyak kota tua dan kuno hilang bekas dan lenyap.

Selain itu, tidak adanya bukti tertulis juga menjadi asalan sulit mencari akar sejarah kota kuno di Indonesia. Namun di Indonesia ada beberapa kota tua yang hidup sudah ribuan tahun dan mantapnya kota kota tua ini masih bertahan hingga kini.

Kota Tua Indonesia dengan Usia Riabuan tahun

1. Palembang
Palembang kota tertua di IndonesiaPalembang adalah ibu kota Sumatera Selatan. Palembng adalah salah satu kota tua di indonesia dengan usia 1327. Palembang sangat terkenal dalam sejarah sebagai tempat berdirinya kerajaan Sriwijaya, yaitu kerajaan masa lampau dengan kekuatan armada lautnya yang sangat tersohor.

Usia ribuan tahun kota palembang ini adalah didapat dari sebuah prasasti Kedukan Bukit, yaitu prasasti yang ditemukan di sebuah bukit yang berada sebelah barat kota Palembang. Pada prasasti itu terdapat kisah tentang pembentukan sebuah wanua yang di artikan sebagai sebuah kota yaitu pada 17 Juni 688.

Ini membuktikan bahwa Palembang adalah salah satu kota tertua di Indonesia.

2. Malang
kota malang kota tua di IndonesiaSelanjutnya yang berada pada posisi sebagai kota tua di Indonesia dengan usia ribuan tahun adalah Kota Malang. Malang adalah sebuah kota di jawa timur dengan iklim dingin menyejukkan. Malang adalah tempat berdirinya kerajaan Singosari dimasa lampau jauh sebelum Maja Pahit berdiri. Namun nyatanya kota ini telah berusia jauh sebelum adanya singosari.

Baca Juga:  5 Penemuan yang Sangat Menggemparkan Dunia

Usia kota Malang adalah 255 tahun sebagaimana yang ditemukan dari tulisan yang ada di prasasti Dinoyo. Dalam Prasasti tersebut ada tulisan tentang peresmian sebuah tempat suci yaitu pada 1 Margasira 682 Saka atau sama dengan 28 November 760. Tulisan itulah yang di anggap sebagai patokan bagi permulaan berkembangnya Malang.

3. Kediri
Kota tua di Indonesia KediriMasih di jawa timur, selain dari Malang ada kota lainnya yang telah berumur ribuan tahun lamanya. Kota ini adalah kota kediri yaitu kota ketiga besar di Jatim setelah Surabaya dan Malang. Kediri sebenarnya punya sejarah panjang karena tempat ini adalah tempat berdirinya kerajaan Panjalu dimasa silam.

Kota kediri telah berdiri 1212 tahun karena lahir pada 25 Maret 804. Ini juga berasal dari prasasti yang ada disana yang menceritakan tentang sekelompok pendeta yang memperoleh hak sima atau tanah perdikan atas daerah mereka karena berjasa membuat sebuah saluran sungai bernama Harinjing. Maka prasasti itu disebut dengan nama prasasti Harinjing.

4. Magelang
magelang kota tua IndonesiaMagelang adalah sebuah wilayah yang terletak di jawa tengah dan wilayah ini sangat terkanal dengan sejarahnya. Candi borobudur adalah salah satu peninggalan masa silam dan bebebrapa candi lainnya yang ada di wilayah magelang. Ini membuktikan bahwa Magelang sudah ada sejal lama.

Ada banyak prasasti yang menyatakan bahwa Magelang telah berdiri pada 11 April 907 dan pada saat ini telah memiliki usia 1109 tahun. Di antara prassti itu adalah prasasti Poh, Gilikan, dan Mantyasih. Sebagaimana yang dikutip dari merdeka.com bahwa mgelang dulunya disebut dengan Mantyasih. Kini daerah ini telah berkembang menjadi sebuah kota yang besar di Indonesia.

5. Purworejo
purworejo kota tua di IndonesiaPurworejo adalah nama lain dari kota tertua di Indonesia. Kota ini tepatnya berada bersebelahan dengan Magelang disebelah utaranya atau bisa dikatakan berada di sebelah selatan Jawa. Purworejo juga termasuk sangat usang dalam usia karena kota ini ini sudah berusia 1115 tahun.

Baca Juga:  Cara Dapatkan Dollar dari Android dengan Aplikasi CashPirate

Wilayah Purworejo berdiri pada tanggal 5 Oktober 901 melalui sebuah peristiwa pematokan tanah perdikan dan dicatat pada prasasti Boro Tengah atau prasasti Kayu Ara Hiwang. Itulah peristiwa yang menjadi cikal bakal lahirnya sebuah wilayah yang disebut dengan Pagalihan yang kemudian berubah menjadi Pagelen, Bagelen dan saat ini dikenal sebagai Purworejo.

Itulah 5 wilayah dan kota sangat tua di Indonesia dan mereka memiliki catatan sejarah yang sangat panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here