SHARE
burung tidak mati kesetrum ketika berdiri di kabel listrik

Tanyoe.com – Anda sering melihat burung bertengger pada kabel listrik yang telajang dan burung tersebut anehnya bisa bergerak bebas dengan tanpa takut akan kesetrum dengan arus listrik. MUngkin sebagian anda pernah memikirkan ini, kenapa burung tidak mati kesetrum arus listrik ketika berdiri dengan kaki telanjangnya di atas kabel.

Sebagaimana yang dikutip dari laman sidomi.com setidaknya ada beberapa alasan kenapa kaki burung tidak berbahaya terhadap listrik, diantara alasannya adalah kaki burung tidak bisa di aliri arus listrik dan kaki burung termasuk dalam konduktor buruk. Jadi arus listrik lebih memilih untuk tetap berada dalam kabel ketimbang mengaliri pada kaki burung.

Lazim diketahui bahwa kabel listrik adalah konduktor yang menghantarkan arus lisrik dan umumnya dibuat dari besi atau tembaga. Tembaga adalah konduktor yang sangat di sukai arus listrik sehingga banyak kabel yang dibuat dari bahan ini. Anda mungkin melihat bahwa kabel tersebut dilapisi dengan isolator kuat seperti karet sehingga orang bisa memegang kabel tanpa takut berbahaya.

Alasan berikutnya kenapa burung tidak kesetrum arus listrik adalah karena ketika burung berdiri pada satu kabel maka disini tidak terjadi beda tegangan sehingga tegangan listrik bisa mengalir pada kaki burung. Lain halnya kalau burung berdiri pada dua kabel maka dengan serta merta burung akan terbakar dan mati seketika. Perlu diketahui bahwa listrik dapat mengalir ketika terjadi beda tegangan yaitu dari tegangan tinggi ke tegangan rendah.

Memang kita melihat dilapangan bahwa kabel listrik dibuat sangat tinggi dan antara satu sama lain dibuat dengan jarak jauh sehingga tidak bersinggungan antara satu sama lain.

Baca Juga:  10 Tempat Paling Rahasia di Muka Bumi (2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here