Home Berita Wow, Soal Beda Harga di Rak dan Kasir, Indomaret Dipolisikan

Wow, Soal Beda Harga di Rak dan Kasir, Indomaret Dipolisikan

644
0
SHARE
gerai indomaret dipolisikan
9detik.co

Tanyoe.com – Berita heboh dan mengejutkan kini datang dari salah satu kedai retail indomaret di Jalan Salak Raya Kota Bengkulu. Pasalnya gerai ini dilaporkan ke polisi terkait soal beda harga di rak dan kasir. kasus ini dilaporkan oleh LSM pusat kajian anti korupsi.

Kami telah melaporkan masalah ini kepolisi dengan nomor LP.B.1/311-B/1/2016/Res BKL. Selasa (9/2/2016). Demikian kata direktur Puskaki, Melyansori, Rabu (10/2/2016)

kasus ini di laporkan kepolisi berawal dari banyaknya berita yang beredar di jejaring sosial terkait dengan ketidak jujuran indomaret yang membuat harga beda antara di rak dan kasir. Akhirnya puskaki membuat investigasi.

Setelah di investigasi ternyata benar bahwa gerai terkait menggunakan harga yang tak sama antara di rak dan kasir. Selisih harga sekitar 200. Barang yang mempunyai harga yang tak sama antara di rak dan kasir adalah seperti air mineral, susu, minuman kemasan, snack dan beberapa barang lain.

Kasus ketidak jujuran indomaret terhadap konsumen ini melanggar undang undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Dengan adanya laporan ini maka Kapolresta Bengkulu AKBP Ardian Indra Nurinta mengakui akan meindaklanjuti persoalan ini, dan sekarang pihaknya sedang mempelajari duduk perkara.

Dari pihak indomaret sendiri juga telah menanggapi masalah beda harga antara di rak dan kasir. Menurut pihak indomaret ini adalah bukan kesalahan indomaret tetapi ada human error yaitu pekerja di indomaret yang telah mengganti label harga.

Laporan ini telah kami terima dan kami akan segera menindaklanjuti masalah ini. Kita akan melalui jalur hukum dan peraturan di kepolisian namun kita sebelumnya juga akan mencoba dan menempuh jalur kekeluargaan. Demikian kata Wiwiek Yusuf, Direktur Pemasaran Indomarco.

Baca Juga:  Ketahui Efek Buruk Alkohol Bagi Jantung Anda

Untuk menghindari masalah ini kedepannya indomaret katanya akan menggalakkan Standar Operasional Prosedure (SOP) sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Kalau nanti ada perbedaan harga antara di rak dan kasir maka mereka akan mengambil harga paling rendah.

Terbukti ada sejumlah permasalahan serupa di beberapa gerai kami, tapi kecil jumlahnya dari total 100 juta transaksi per hari di semua gerai kami,” tambah dia. Sekarang Indomaret mempunyai 12.300 gerai di beberapa tempat.

Menurut Wiwiek, laporan ini adalah laporan yang penting bagi perusahaannya untuk menambah kinerja serta layanan ke masyarakat.

“Mudah-mudahan permasalahan ini bisa di akhiri dengan cara kekeluargaan apabila kita bisa membahas SOP kami. Mudah-mudahan mereka (LSM Puskaki) tak meneruskan laporan tersebut,” pungkas Wiwiek.

Sebelumnya, LSM Puskaki mengabarkan salah satu gerai Indomaret di Jalan Salak Raya Kota Bengkulu ke polisi, sebab menjual barang dengan harga tak sama antara yang tercantum di rak serta di kasir.

Direktur Puskaki, Melyansori, menduga Indomaret telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengenai Perlindungan Konsumen. Terbukti tersedia beberapa harga yang tak sama antara harga rak serta kasir, selisih berkisar Rp 200 per item, kata dia.

Nha, itu dia satu masalah telah terkuak dan bocor kekalangan masyarakat. Bagaimana dengan indomaret atau gerai retail lainnya yang di daerah kami, apakah ada juga yang menemukan kasusu serupa??

Sumber: 9detik.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here