Home Berita Ilmuwan Temukan Planet Baru di Tata Surya (Pengganti Pluto)

Ilmuwan Temukan Planet Baru di Tata Surya (Pengganti Pluto)

1498
0
SHARE
ilmuwan temukan planet nine pengganti pluto

Pluto yang diklaim sebagai planet ke 9 di tata surya melalui sebuah voting para ilmuwan dunia resmi mengeluarkannya dari planet yang berada di tata surya. Namun pada Januari 2016 ini ilmuwan kembali menemukan sebuah planet baru yang dikatakan sebagai planet ke-9 atau nine, ini benar-benar sebagai penggani pluto.

Berdasarakan simulasi komputer dan penelitian maematis plane nine dikabarkan berada jauh 20 kali lebih jauh dari Neptunus. Perlu diketahui bahwa neptunus berjarak 4,5 miliar km dari bumi.

Ini sungguh sebuah jarak yang sangat jauh, ini membuat planet nine ini butuh waktu 10.000-20.000 tahun untuk sekali mengelilingi matahari saja.

“Ini adalah planet ke-9 yang sebenarnya. Hanya ada dua planet baru yang ditemukan sejak puluhan tahun lalu, dan planet ini (Nine) akan menjadi yang ketiga,” Demikian ujar Brown.

Lebih lanjut ilmuwan mengatakan bahwa planet nine ini mempunya berat 10 kali dari berat Bumi, ini berarti hampir sama dengan massa Neptunus. Planet ini juga diprediksi sebagai planet es yang dipenuhi gas, mirip dengan Uranus dan sekalilagi, Neptunus.

Penemuan planet Nine tidak diragukan lagi keberadaannya sebagai planet ke-9 di tata surya kita, karena massanya 5000 kali Pluto. Alhasil tidak ada perdebatan soal kategori planet (kerdil atau bukan). Yang pening sekarang adalah para ilmuwan harus mengamati langsung planet itu dan menemukan jejaknya di angkasa raya.

Baca Juga:  Makkah dan Madinah diLihat dari Luar Angkasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here