SHARE
amazon-adalah-hutan-hujan-terbesar

Hutan Amazon adalah hutan hujan terbesar di dunia yang menutupi sebagian besar Amerika Tengah. Hutan hujan ini sangat lebat, rimbun sehingga menutupi permukaan tanah. Keadaan Amazon yang seperti menjadi tempat hidup berbagai satwa liar sehingga kini hutan besar ini masih misteri dengan segala kehidupan didalamnya. Namun siapa sangka ternyata sebagian dari amazon adalah hasil dari perbuatan manusia.

Arkeolog percaya bahwa (Amazon yang disebut sebagai paru-paru dunia karena 30% oksigen dibumi adalah dihasilkan dari sini) adalah hutan yang ditanam oleh penduduk pribumi dimasa silam. Jadi hutan Amazon bukanlah semua natural melainkan sudah ada campur tangan manusia lampua. Ini didukung oleh keadaan geografis amazon yang cendrung datar, yaitu sangat cocok sebagai tempat bersawah.

Baca juga: 10 Hewan unik yang mendiami Amazon

Namun kenapa pohon yang tumbuh, ini dikatakan mereka mempunyai budaya yang berbeda dengan daerah lain yang cendrung mengolah sawah atau menanam jagung. Mereka menanam pohon-pohon untuk menghasilkan buahnya. Cara tanama pohon yang seperti ini membuat area yang mereka miliki selalu penuh dengan pepohonan yang tentu bisa bertahan lama bertahun-tahun bahkan ratusan tahun.

Hal lain yang membuat penduduk setempat tidak menanam padi atau jagung adalah karena di Amazon kandungan mineral dalam tanah sangat sedikit sehingga kurang cocok. Selain itu curah hujan yang tinggi di Amazon juga membuat mereka tidak bisa bercocok tanam tanaman muda karena akan selalu digerus air jadi hanya satu cara yang cocok bagi mereka yaitu menanam pohon pohon tua yang menghasilkan buah.

Bukti-bukti penemuan arkeologis lain seperti danau buatan manusia dan struktur bangunan yang menunjukkan kemajuan teknologi yang dimiliki masyarakat Amazon dimasa lalu. Selama ini daerah hutan Amazon memang dipercaya pernah ditinggali oleh suku dengan peradaban yang sangat tinggi. Bahkan salah satu kota hilang yang paling populer dan masyhur adalah El Dorado, yang dikatakan berada di wilayah Amazon. Ini semakin menguatkan fakta bahwa amazon memang mempunyai peradaban yang sangat tinggi di masa lampau.

Baca Juga:  Akibat Hujan Deras, 15 Orang Tewas di Brazil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here