SHARE
hikmah di balik poligami

Hikmah di balik poligami – Bagi sebagian wanita poligami adalah hal buruk yang harus ditentang dan menakutkan dalam kehidupan rumah tangga mereka. Padahal poligami itu sendiri dibolehkan dalam Islam, dan Islam juga tidak serta merta membolehkan poligami tanpa ada syarat yang membolehkan. Di antara syaratnya adalah mampu berbuat adil untuk semua istrinya. Dengan syarat ini saja lelaki yang ingin berpoligami harus berpikir banyak sebelum bertindak.

Banyak wanita yang menenatang poligami, tidak suka, bahkan menganggap lelaki yang berpoligami adalah maniak s3x dan kata-kata lain yang tidak senonoh dilontarkan untuk membunuh karakter orang yang ingin berpoligami. Padahal ada sejumlah hikmat dibalik poligami, poligami tidak semua berorientasi ke syahwat tetapi ada beberapa hikmah dibalik poligami yang harus di pahami semua orang, terutama kaum hawa.

Hikmah di Balik Poligami

1. Salah satu hikmahnya adalah memperbanyak keturunan. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

((تَنَاكَحُوا تَنَاسَلُوا؛ فَإِنِّي مُبَاةٍ بِكُمُ الأُمَمَ))

“Menikahlah kalian dan buatlah keturunan karena aku berbangga dengan kalian di depan umat-umat yang lain.”

2. Ada sejumlah isteri yang mandul dan tidak bisa memberikan keturunan, maka manakah yang lebih utama bagi suaminya, apakah menceraikannya atau memberikan izin suami untuk menikha lagi. Pertanyaan lain manakah yang lebih utama, membiarkan suami tanpa keturunan atau memberikannya celah untuk menikahi wanita lain dan tetap bersama dengan isteri yang pertama. Jawabannya tentu lebih baik tetap bersamanya dan memberikan izin untuk menikah lagi.

3. Suami yang isterinya pada masa haid atau nifas seringkali tidak bisa sabar menahan sehingga akan menyeretnya pada sesuatu yang haram, dan jalan keluar dari masalah ini adalah dengan suami menikah lagi.

Baca Juga:  Yahudi Israel Banggakan Jokowi, Ada Apa?

4. Kadang pada wanita ada beberapa aib (kekurangan) maka yang lebih utama adalah suami menikah lagi dan tidak menceraikannya.

5. Bisa jadi wanita seringkali sakit, maka yang lebih utama adalah suami menikah lagi dan tidak menceraikannya, atau mungkin ia sabar atas istrinya akan tetapi dia tidak kasihan terhadap dirinya.

6. Hikmah di balik poligami selanjutnya adalah dengan banyaknya istri (poligami) akan mempererat hubungan beberapa keluarga. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصِهْرًا وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا

“Dan Allah (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Rabbmu Maha Kuasa.” (Al-Furqan: 54)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here