SHARE
hati hati jajan dipinggir jalan

Hati-Hati Jajan Di Pinggir Jalan – Jajanan dipinggir jalan semaki banyak dan semakin menggiurkan, terutama anak-anak, selain kesan enak juga sangat murah. Namun ada hal yang harus diwaspadai, bahwa jajan dipinggir jalan bisa memberikan efek buruk kesehatan yang tidak sebanding dengan murahnya harga makanan. Salah faktor yang membuat anda harus hati hati jajan di pinggir jalan adalah higienitas.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda hati hati jajan dipinggir jalan

1. Makanan dibiarkan terbuka terlalu lama di udara bebas

Penjaja makanan di pinggir jalan biasanya tidak terlalu menjaga makanannya, makanan dibiarkan terbuka bebas, anda pasti tidak tahu sudah berapa lama makanan itu dibuka. Polusi udara tentu sangat mempengaruhi makanan tersebut, apalagi makanan itu tidak panas lagi atau tidak terlalu dingin lagi, ini akan menarik perhatian hama makanan seperti lalat dll. Selain itu, faktor udara juga akan mempengaruhi kondisi makanan tersebut.

2. Bahaya infeksi gastrointestinal

Makanan yang dijaja di pinggir jalan cendrung menyebabkan gangguan pencernaan pada siapa saja yang memakannya, namun orang dewasa biasanya mempunai kekebalan tubuh yang bagus dibandingkan anak-anak. Jenis infeksi ini akan menyebabkan mencret dan muntah, maka hati hati anda menjaja makanan di pingir jalan.

3. Bahaya makan sambil beraktivitas

Bahaya jajan semabarangan dipinggir jalan juga bisa menyebabkan anda makan sambil berjalan atau sambil beraktivitas. Karena makanan yang di jaja itu sudah dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dimakan dimana saja dan kapan saja. Makan sambil beraktivitas bisa membahayakan organ tubuh bagian dalam, cara terbaik untuk makan adalah sambil duduk agar tubuh bisa optimal dalam mencerna makanan.

4. Lupa mengecek kondisi makanan dan kebersihannya

Baca Juga:  Berlatih Tai Chi, Cara Sehat Ala China

Sudah lumrah biasanya yang jajan di pinggir jalan tidak memperhatikan higienis dan kebersihan makanan sebelum membelinya. Padahal ini sangat penting anda perhatikan. Salah satu tanda bahwa makanan yang dijual itu bersih adalah penjual makanan menggunakan sarung tangan, atau mencuci tangan, anda bisa memperhatikan apakah ditempat jualan itu ada tempat mencuci tangan atau tidak. Sementara untuk memilih minuman sebaiknya biasanya memilih minuman yang disegel, karena biasa ini lebih higienis ketimbang minuman lainnya.

Inilah beberapa hal yang harus diperhaitkan agar anda hati hati jajan dipinggir jalan. Solusi paling sehat adalah mengolah makanan sendiri dari rumah. Selain murah juga sehat, hanya saja banyak orang yang malas dan ingin serba instan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here