Home Kesehatan Hati-hati, 6 hal ini bisa sebabkan anda pingsan

Hati-hati, 6 hal ini bisa sebabkan anda pingsan

463
0
SHARE
penyebab terjadi pingsan

6 hal ini bisa sebabkan anda pingsan. Pingsan atau mati suri adalah kondisi tubuh yang hilang kesadaran dalam beberapa saat karena pasokan oksigen ke otak tidak tercukupi. Selain pingsan ada istilah lain yaitu sinkop, demikian yang disebutkan dalam dunia medis. Memang pingsan bukan masalah kesehatan yang serius namun bukan berarti anda bisa mengabaikan penyebab terjadinya pingsan. Mengetahui penyebab terjadinya pingsan adalah memudahkan anda dalam mengobati kondisi kesehatan anda.

Beriku beberapa penyebab terjadinya pingsan

1. Tekanan darah rendah
Tidak hanya tekanan darah tinggi saja yang harus di waspadai, tekanan darah rendah juga perlu di perhatikan agar anda tidak sampai mengalaminya. Tekanan darah rendah bisa-bisa menyebabkan anda pingsan secara tiba-tiba. Dalam dunia medis ini disebut dengan Hipoglikemia. Ini adalah kondisi kesehatan yang membuat anda tidak boleh melewatkan waktu makan. Melewatkan makan atau sarapan membuat anda kekurangan gula dalam darah yang menyebabkan tekanan darah rendah.

Baca juga: Atasi tekanan darah tinggi dengan jus bit

2. Stres hipertensi
Stres hipertensi kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab bagi masalah kesehaan lainnya. maka penting bagi kita untuk mengatasi stres hipertensi ini. Cara mengatasinya adalah dengan mengendalikan stres, Jika kamu tak mampu melakukannya, kondisi ini bisa membuat kamu pingsan sewaktu-waktu.

3. Sangat lapar
Hal lain yang menebabkan anda pingsan adalah kondisi sangat lapar. Pada beberapa kondisi seseorang tidak menyadari bahwa perutnya sedang kosong dan ia membutuhkan asupan nutrisi dan gizi. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang terlalu sibuk sehingga melewatkan jam makan. Nah, hal ini juga bisa menyebabkan pingsan pada kamu, ini karena tubuh kekurangan bahan bakar untuk otak.

Baca Juga:  Ingin Otak Anda Tetap Awet? Ini Cara Menjaga Otak Tetap Awet Muda

4. Aritmia jantung
Artimea jantugn adalah detak jantung yang tidak beraturan, dan ini seringkali membuat seseorang bisa pingsan secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat membuat kaki kamu menjadi tak stabil. Penyebabnya adalah gangguan aliran darah ke otak. Perlu diketahui bahwa ini tak hanya membuat kamu pingsan, namun kondisi ini bisa memicu pembekuan darah dan menyebabkan stroke.

5. Masa awal kehamilan
Semester awal kehamilan juga bisa menyebabkan pingsan secara tiba-tiba karena ketidakstabilan tubuh anda, lebih-lebih kalau anda belum tahu bahwa anda sedang hamil. Jika ini memang ada kemungkinan untuk itu, kamu bisa memastikannya dengan melakukan tes yang akurat.

Demikian penyebab pingsan secara tiba-tiba, kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja. Secara umum, penyebab pingsan adalah adanya penurunan tekanan darah sehingga mengurangi sirkulasi darah ke otak dan berujung pada kehilangan kesadaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here