SHARE
Google terancam denda
Foto: GettyImages

Google Terancam Denda Rp.92 Triliun – Raksasa teknologi internet Google terancam denda sangat besar gara-gara OS smartphone buatannya. Kini Komisi Eropsa sedang mempelajari kesalahan Google terkait dengan dugaan pelanggaran hukum kompetisi di kawasan Uni Eropa.

Masalahnya adalah ada pada OS Android buatannya. Google dituding merugikan konsumen dan kompetitor karena menginstall aplikasinya sendiri dalam ponsel berbasis Android. Tidak kurang dari 11 aplikasi yang di syaratkan Google untuk di install oleh setiap produsen smartphone berbasis Android. Aplikasi tersebut adalah berupa youtube, gmail, gmap dan lain sebagainya.

Aplikasi yang sudah terinstall di sejumlah smartphone android itu disebut-sebut juga tidak bisa di uninstall oleh konsumen. Dan Google juga mensyaratkan letaknya pada tempat yang sagat strategis sehingga sangat mudah diakses yaitu di HomeScreen.

Inilah masalahnya yang kini membuat komisi Eropa turun tangan untuk menyelidiki kasus ini lebih lanjut. Di Eropa sendiri tablet dan smartphone yang beredar di pasar lebih kurang 80% adalah Android.

Namun demikian, sebagaimana dikatakian detik.com bahwa Google akan menjelaskan masalah ini dimana dampak Android bagus untuk konsumen dan kompetitor. Kalau Google kalah dalam hal ini maka bisa fatal akibatnya karena didenda 10% dari pendapatan Google dalam setahun.

Tahun lalu pendapatan Google adalah 74,5 Miliar dolar, maka mereka harus bayar denda sekitar 7 M Dollar atau sekitar 92 T Rupiah.

Vendor dan manufakture di Eropa harus memenuhi permintaan Google untuk menginstal aplikasi kunci pada Android. Itu dikatakan FairSearch, salah satu lembaga yang mengadukan Google.

Baca juga: Ternyata Android punya banyak Dosa

Baca Juga:  Ini Helm Pintar untuk Bikers, Mau Tahu Teknologinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here