SHARE
shalat gerhana matahari

Gerhana Matahari yang akan terjadi pada 9 maret mendatang adalah sebuah fenomena alam yang menjadi tanda kekuasaan Allah SWT. Ummat Islam yang melihat gerhana matahari disunnatkan untuk melaksanakan shalat gerhana matahari pada hari H.

MUI sumatra barat padang menghimbau kepada warganya untuk melakukan shalat kusuf atau gerhana matahari di masjid, mushalla dan di rumah-rumah pada tanggal 9 maret nanti ketika terjadi gerhana.

“Walaupun Padang hanya bisa menikmati gerhana matahari sebagian, namun tetap di anjurkan untuk melkuka shalat gerhana matahari nanti.” demikian disampaikan MUI Kota Padang, Duski Samad di Padang.

Menurutnya pelaksanaan shalat gerhana matahari di padang nantinya akan di pousatkan di halaman parkir balai kota.

“Salah satunya sudah diagendakan pelaksanaannya di halaman parkir Balai Kota Aia Pacah bersama wali kota serta jajaran,” ungkapnya.

Sementara dari Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Rahmat Triyono mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan siaran langsung untuk peristiwa gerhana nanti secara online agar bisa di saksikan oleh semua pihak.

Katanya masyarakat nanti bisa menikmati detik detik terjadi gerhana matahari melalui situs http://media.bmkg.go.id/gmt

Penyediaan layanan nonton detik detik terjadi gerhana matahari dilakukan agar msyarakat bisa meyaksikan gerhana tanpa harus melihat langsung matahari dengan mata, karena cahaya matahari dengan intensitas tinggi waktu itu bisa merusak retina mata yang bersifat syaraf sensitif.

Baca Juga:  5 Burung Kicau Termahal di Dunia, Ada yang Setara Harga Sapi Lho..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here