SHARE
Cara agar orang tua menyenangkan bagi anak

Tanyoe.com – Menjadi orang tua itu harus menyenangkan buah si buah hati. Bagi anda yang sudah dititipkan sang buah hati sudah saatnya belajar untuk menjadi pribadi yang menyenangkan dalam keluarga terutama untuk anak-anak anda. Tumbuh kembangkan sibuah hati akan maksimal ketika hidupnya merasa bahagian bersama orang tua. Maka sangat penting menciptakan suasana menyenangkan untuk anak-anak dirumah.

Mengenai hal ini sudah dilakukan penelitian, jadi sudah bukan barang rahasia lagi bagi orang untuk menemukan cara agar dirinya disenangi oleh anak-anak. Ini sangat penting agar anak-anak bisa bertahan dalam keluarga di tengah kehidupan yang keras seperti hari ini. Jadi, berdasarkan penelitian ilmiah ada 10 poin yang bisa di lakukan oleh orang tua agar sibuah hatiya merasakan kesenangan bersama orang tuanya.

10 Cara Agar Orang Tua Menyenangkan Buat si Buah Hati

1. Selalu bercanda

Berdasarkan hasil penelitian yang di publikasikan di Economic and Social Research Councils, Festival of Social Science 2011 bahwa bercanda dengan Balita sangat membantu mereka untuk mengatur keberhasilan mereka dalam membangun keberhasilan sosial dimasa depan. Ketika melihat orang tuanya berpura-pura dan bercanda maka BALITA akan mengtur kreatifitasnya, mengatur tingkat stres dan menemukan temannya.

Lihat juga: Jaga anak, hati hati jajan dipinggir jalan

2. Berpikir positif

Selanjutnya, yang harus dilakukan orang tua adalah berpikir positif terhadap anak-anaknya. Bersikap lemah lembut dan merespon berbagai persoalan dengan baik akan menjadi contoh baik untuk anak di masa depan. Sebaliknya, ketika orang tua berucap kasar terhadap anak, maka anak berusia 5 tahun kebawah akan mencontohkan sikap negatif ini dalam kehidupannya kelak bahkan sampai ia dewasa anti. Ini adalah langkah awal dalam membangun karakter positif bagi anak-anak, maka jadikan contoh yang baik untk mereka.

Baca Juga:  Ini Langkah Arab Saudi Antisipasi Terulangnya Musibah

3. Berikan selalu kasih sayang

Kasih sayang adalah hal penting yang harus dinampakkan pada anak-anak. Menurut penelitian kasih sayang merupakan ketrampilan penting yang membantu anak tetap kuat dalam menghadapi berbagai tantangan. Maka, orang tua harus menggunakan jurus ini dalam membesarkan anak-anak sehingga mereka menjadi contoh bagi anak-anaknya.

Baca juga: Cara mendidik anak ala Rasulullah

4. Biarkan si anak pergi

Ketika masa-masa anak akan beranjak dewasa lepaskan sianak, mungkin sudah waktunya ia merantau mencari ilmu seperti masuk pesantren yang jauh atau kuliah ketempat yang jauh. Orang tua cendrung cemas biasanya dalam melepaskan anak dalam kondisi seperti ini. Padahal orang tua harus mulai terbuka dengan anak dan membiarkannya menempuh hidup mandiri walau harus tetap di awasi dari jauh.

5. Pelihara kenyamanan rumah tangga

Hal lain yang harus di lakukan orang tua adalah menjadi keawetan rumah tangga terutama ketika adanya si buah hati. Jangan nampakkan bahwa rumah tangga anda bermasalah pada sibuah hati anda. Anak yang merasakan ketidak harmonisan antara orang tuanya di usia 9 bulan akan berakibat si anak tidak bisa tidur di usia 18 bulan. Ini adalah hasil penelitian ilmiah yang di lakukan pada jurnal Child Development edisi Mei 2011. Jadi, yang menyebabkan ketidaknyamanan bayi ketika tidur adalah perasaan bayi bahwa rumahnya itu adalah rumah tangga stres dan bermasalah. Hal buruk itu akan terekam pada anak-anak anda, maka jauhilah masalah di depannya.

6. Jaga kesehatan mental anda

Orang tua harus menjaga kesehatan mental mereka. Kalau mereka merasa depresi sebaiknya segera minta bantuan psikolog. Ibu yang mendidik anaknya dalam kondisi depresi dikatakan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 itu bahwa anaknya akan mudah stres ketika masa masuk sekolah nanti.

Baca Juga:  MUI Sumbar Serukan Shalat Gerhana Matahari

7. Jadilah ibu yang hangat untuk keluarga

Ibu juga harus menjaga hubungan yang hangat dengan anak-anak. Kehangatan dalam keluarga ini akan membentuk kepribadian anak sehingga anak merasa tidak sendiri dan punya teman dalam hidup. Ini bisa menjaga anak bahkan menjauhi anak dari masalah dan perilaku negatif dimasa depan.

8. Bijaklah ketika anak memberikan argumetasi

Anak-anak yang memulai masa pertumbuhannya biasanya semakin cerdas dan mulai tahu memberikan alasan bermacam-macam terhadap orang tuanya. Biasanya hal ini terjadi karena hubungan sosialnya dengan teman-temannya. Argumentasi yang berasal dari pola pikir labil ini harus ditanggapi dengan bijak oleh orang tua. Anak-anak memang harus berdiri sendiri tetapi orang uta harus membantu dari belakang.

9. Jangan berambisi untuk sempurna

Sebagai orang tua, anda tidak perlu berambisi untuk mencapai berbagai target dalam kesuksesan mendidik anak. Lupakan saja hal itu, sekarang usahakan diri anda untuk menjadi santai didepan mereka. Hal ini justru sangat membantu dalam perkembangan diri anak.

10. Kenali anak dengan cermat

Hal lain yang penting dilakukan orang tua agar dia menyenangkan bagi anak adalah mengasuh dan mendidik anak sesuai dengan kepribadiannya. Anda tidak perlu merasa pandai dan sudah tahu segalanya dalam mendidik anak. Karena mendidik anak itu harus sesuai denan karakter pribadi anak itu, jadi caranya beda-beda antara satu anak dengan yang lain.

Misalnya, beberapa anak sulit dalam mengatur emosinya, maka orang tua harus memberikan bantuan ektra untuk hal ini. Intinya adalah mendidik anak harus sesuai dengan petunjuk karakternya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here