SHARE
dahsyatnya-manfaat-widhu-bagi-kesehatan

Dahsyatnya Manfaat Wudhu’ bagi Kesehatan. Wudhu’ adalah salah satu syarat bagi sah ibadah shalat. Tanpa melaksanakan wudhu’ maka dipastikan shalat tidak ada. Ini adalah urusan ta’abbudi yang tidak perlu ditanyakan kenapa harus seperti itu, yang jelas Rasululah mengajarkan Ummatnya untuk berwudhu’ agar suci dari hadas kecil sehingga menjadi sah ibadah shalat. Selain wudhu’ sebagai perintah syaari’, wudhui juga merupakan ritual pengkondisian seluruh aspek hidup baik pisikologis atau fisiologis.

Dahsyat..! Manfaat Wudhu’ Bagi Kesehatan

Selain sebagai syarat bagi sah shalat, wudhu’ juga bermanfaat dahsyat untuk kesehatan manusia. Seorang psikiater dan neurolog asal Austria, Prof Leopold Werner von Ehrenfels, menekukan dari penelitiannya bahwa wudhu’ bisa menstimulasi pusat syaraf manusia. Aktivitas wudhu’ akan menstimulir lima organ penting pada tubuh yakni 5 panca Indra yaitu mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan kaki. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Dari sisi lain kita juga bisa melihat bahwa dalam wudhu’ bagian yang dibasuh adalah pintu masuk bagi ribuan kuman, virus, dan bakteri.

Perlu diketahui bahwa dalam tubuh kita terdapat banyak titik syaraf yang satu saling berhubungan dengan yang lainnya. Misalnya syaraf yang ada pada ujung jemari berhubungan dengan emepdu, liver dan jantung. Ketika berwudhu’ kita menyentuh dan memijat halkus jari jemari yang akan memberikan ransangan keorgan dalam tubuh, ini akan memberikan efek positif kesehatan lever, empedu dan jantung.

Tak hanya ini saja, dalam penelitian lain Dr Magomedov dari lembaga General Hygiene and ecology di Daghestan State Medical Academy, menyimpulkan bahwa wudhu mampu menstimulasi titik aktif biologis (Biological Active Spot). Pada anggota badan yang terkena perlakuan kaifiyat wudhu, terdapat ratusan titikakupunktur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan, dan tekanan ketika melakukan wudhu.

Titik biologis ini dikatakan sangat serupa dengan refleksiologi Cina yang sangat rumit dan butuh waktu hingga 15-20 tahun untuk bisa menguasainya. Namun wudhu begitu sederhana dalam pengaplikasiannya dan tentu sangat mudah untuk dikuasai. Dalam ilmu tabib china ada 65 titik refleksi dan bagian tubuh yang di basuh air wudhu adalah sebagian diantaranya. Sementara titik refleksi lainnya terletak antara tumit dan lutut, dan ini ternyata juga merupakan bagian wudhu’ yang tidak diwajibkan untuk dibasuh.

Baca Juga:  Nyamuk Aedes Aegypti Mempunyai Sifat Sama dengan Wanita

Dalam sistem pengobatan modern yang menggunakan sarana air dan dikenal dengan hydromassage, dijelaskan bahwa Sistem metabolisme tubuh manusia terhubung dengan jutaan syaraf yang ujungnya tersebar sepanjang kulit. Membasuh anggota tubuh dalam wudhu memberikan efek positif pada bagian tubuh lainnya. Ini sungguh luarbiasa..!

Sebagai contoh, ketika membasuh wajah dengan air yang memberikan efek postif pada usus, ginjal, sistem syaraf dan sistem reproduksi. Sedangkan membasuh kaki akan memberikan efek positif pada kelenjar pituitary otak yang mengatur fungsi kelenjar endokrin. Sementara di telinga terdapat ratusan titik biologis yang akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit.

Seorang dokter muslim, Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers: a Sport for the Body and Soul menjelaskan bahwa wudhu’ bisa mencegah terjadinya kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Cara paling efektif mengeyahkan resiko ini adalah membersihkannya secara rutin. Berwudhu lima kali sehari adalah antisipasi yang sangat hebat.

Dahsyatnya manfaat wudhu’ bagi kesehatan selanjutnya adalah, ketika berkumur-kumur saat wudhu ternyata berkhasiat untuk menjaga mulut dan tenggorakan dari peradangan dan menjaganya dari terjadinya peradangan gusi. Hal ini karena berkumur-kumur bermanfaat untuk memelihara gigi dan membersihkannya dari sisa-sisa makanan yang masih menempel. Kegiatan berkumur-kumur juga bermanfaat menguatkan sebagian urat wajah dan menjaga kebersihannya. Ini termasuk latihan penting yang dikenal oleh pakar olahraga.

Lebih lanjut, menurut Salem membasuh wajah bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit muka dan membantu mencegah munculnya keriput. Selain kulit, wudhu juga meremajakan selaput lendir yang menjadi gugus depan pertahanan tubuh. Peremajaan menjadi penting karena salah satu tugas utama lendir ibarat membawa contoh benda asing yang masuk kepada 2 senjata pamungkas yang sudah dimilki oleh manusia secara alami, limfosit T(sel T) dan limfosit B(sel B). Keduanya bersiaga di jaringan limfoid dan sistem getah bening serta mampu menghancurkan penyusup yang berniat buruk terhadap tubuh. Bayangkan jika fungsi mereka terganggu. Sebaliknya, wudhu meningkatkan daya kerja mereka.

Baca Juga:  5 Alasan Lari di Alam Terbuka Lebih Sehat dari Fitnes

Manfaat wudhu’ bagi kesehatan berikutnya adalah ketika membasuh hidup. Lubang hidung adalah pintu bagi masuknya berbagai bakteri selain mulut. Dalam wudhu’ disunnahkan menghirup air kedalam hidung dan mengeluarkannya. Ini adalah penangkal efektif ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), TBC, dan kanker nasofaring secara dini.

Baca juga:

Rahasia lainyanya menurut penelitian ilmiah bahwa peredaran darah di bagian atas tubuh, kedua tanggan, kedua lengan, bagian bawah badan seperti kedua telapak kaki dan kedua betis termasuk lemah. Sebab tempatnya yang jauh dari pusat peredaran darah, yaitu jantung. Bila anggota ini dibasuh serta dipijat-pijat dengan penuh perhatian maka hal ini akan berdampak memperlancar perederaan darah yang akhirnya bisa menambah stamina tubuh.

Sebenarnya tak hanya untuk shalat saja, wudhu’ bahkan di perintahkan untuk berbagai kegiatan seperti membaca alquran, bangun dari tidur, atau hendak mau tidur. Selain fungsi fisiologis, wudhu juga efektif mengendalikan emosi. Setiap kali merasa ingin marah, seorang muslim sangat dianjurkan untuk mengambil air wudhu untuk mendinginkan pikiran dan menentramkan hati.

Jadi, segala sesuatu yang diperintahkan Allah ada hikmah dan manfaatnya, hanya saja manusia yang yang terbatas ilmunya untuk mengetahui semua itu. Tetapi dengan kemajuan dibidang teknologi satu persatu perintah dalam Islam terbukti secara ilmiah. Islam begitu indah dengan mengkombinasikan ilmu agama dan ilmiah. Terlihat begitu sempurna agama ini dan tidak ada keraguan di dalamnya. Demikianlah dahsyatnya manfaat wudhu’ bagi kesehatan. Nantikan artikel selanjutnya…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here