SHARE
ciri ciri uang palsu

Ciri ciri uang palsu menurut bank Indonesia – Berdasarkan info dari perwakilan Bank Indonesia (BI) Aswin Kosotali dan Tri Adi Riyanto. Uang palsu dan uang asli bisa dibedakan dengan beberapa ciri. Ini dikatakan berdasarkan hasil penemuan Polres Jakarta Selatan terhadap 19.4 juta uang palsu.

Membedakan uang palsu dengan uang asli adalah berdasarkan pengalaman dan kebiasaan terhadap uang. Mengenal ciri ciri uangh palsu dengan cara menggunakan trik 3D yaitu di terawang, di raba, dan di liaht, atau dengan menggunakan alat seperti LUP.

“BI sudah melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti, barang bukti tidak memenuhi ciri-ciri keaslian di BI. Barang ini bisa dikenali dengan mudah 3D,” ungkap Aswin di Polres Jakarta Selatan, Selasa (27/5).

Uang palsu mempunyai warna yang tidak tajam dan tidak sebagus uang asli. Selain itu uang asli mempunyai optical variable x. Percetakan uang kertas asli dilakukan dengan menggunakan pigmen tinta khusus, jadi warna uang asli bisa berubah ubah seiring sudut pandang mata kita.

Benang pengaman uang asli juga bisa berubah ubah warna seiring dengan sudut pandang mata.

Ini beda dengan keadaan uang palsu. Ciri ciri uang palsu tidak kasar dan warnanya juga tidak berubah ubah sesuai dengan sudut pandang mata. Dan seharusnya lambang negara juga kasar, karena memang menggunakan pigment warna khusus.

Selain tanda tanda itu, ciri ciri uang palsu juga bisa dilihat dari adanya pigmen air yang dicetak dengan teknik sablon bila diterawang. Kalau uang asli ada tekstur khusus ketika diraba yang membuat uang kertas terasa timbul.

Baca juga:

Baca Juga:  4 Jenis Awan yang di Takuti Pilot Pesawat

Proses pembuatan tekstur timbul pada uang asli dibuat seiring dengan pembuatan kertas, sementara permukaan kasar pada uang palsu dibuat dengan menggunakan teknik sablon.

Itulah beberapa ciri ciri uang palsu yang membedakannya dengan uang kertas asli. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here