SHARE
Cegah-Batu-Ginjal-dengan-Jus-Jeruk

Cegah Batu Ginjal dengan Jus Jeruk – Jeruk adalah jenis buah buahan yang dapat mencegah pembentukan batu dalam ginjal. Jeruk mengandung asam sitrat dan asam sitrat ini bertugas untuk mengikat kalsium dalam urin, sehingga tidak menumpuk jadi batu ginjal.

Batu ginjal dibentuk oleh aneka ragam konsumsi makanan dan cairan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makanan dan minuman berperan dalam pembentukan batu dalam ginjal. Teh hitam, susu, cokelat, bayam, keju, daging, dan telur adalah makanan dan minuman yang bisa mengeluarkan oksalat, kalsium, dan asam urat, sehingga makanan dan minuman tadi bisa memberikan peluang besar bagi pembentukan batu ginjal.

Selain makanan dan minuman yang dapat menyebabkan batu ginjal, ada juga makanan yang bisa mencegah terjadinya batu ginjal. Salah satu makanan yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal adalah buah buahan dalam keluarga jeruk, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis dll. Kalau jeruk dikonsumsi dalam bentuk jus buah, maka akan meningkatkan volume cairan urin sehingga bisa melarutkan pembentukan batu ginjal.

Selain itu, kandungan asam sitrat yang ada dalam buah yang termasuk dalam keluarga jeruk ini bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Kalau anda rajin mengkonsumsi jus buah jeruk sebanyak 120 ml dalam sehari, maka terbukti bisa mencegah terjadinya batu ginjal.

Baca juga artikel kesehatan lainnya:

Kemudian, kandungan asam sitrat dalam urin juga dipengaruhi oleh keadaan asam dan basa dalam tubuh. Kalau keadaan lebih asam maka bisa menyebabkan penyerapan asam sitrat dan ini mengakibatkan asam sitrat tidak dikeluarkan dalam urin dan tidak menangkal pembentukan batu ginjal. Makanan yang dapat meningkatkan kondisi asam ini adalah daging merah, daging unggas, ikan, keju, telur. Jadi konsumsilah kalsium dalam jumlah yang pas dan kombinasikan dengan protein nabati yang tidak bisa menyebabkan batu ginjal.

Baca Juga:  5 Alasan Lari di Alam Terbuka Lebih Sehat dari Fitnes

Inilah sedikit artikel tentang cegah batu ginjal dengan jeruk. Semoga memberikan manfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here