SHARE
cara menjaga otak awet muda
Merdeka.com

Tanyoe.com – Proses penuaan adalah proses alami yang terjadi pada siapa saja yang hidup. Penuaan tidak hanya terjadi pada kulit semata namun juga terjadi pada semua organ dan bagian tubuh termasuk otak.

Seiring dengan menuanya usia kita, maka otak juga mengalami proses penuaan, dan setiap yang menua akan menurun fungsi dan kinerjanya, demikian halnya dengan otak.

Memang tidak terelakkan, akan tetapi para peneliti menemukan cara untuk melambatkan proses penuaan pada otak sehingga otak tetap menjaga fungsinya dengan optimal. Tahukah anda bagaimana cara menjaga otak agar tetap awet muda? Ternyata jawabannya sangat simpel dan sederhana.

Menjaga otak agar tetap awet muda bisa didapatkan dengan sederhana yaitu dengan aktif menggunakan tangga. Memang sebelumnya aktivitas naik turun tangga dikaitkan dengan masalah kesehatan tubuh yaitu meningkatkan ketahanan tubuh. Namun kini ada penelitian terbaru yang di publikasikan dalam the journal Neurobiology of Aging, penelitian ini menyatakan bahwa aktivitas naik turun tangga berkaitan erat dengan kesehatan otak manusia. Penelitian ini di pimpin seorang ilmuwan dari Concordia University.

Research ini menghubungkan antara pendidikan dan aktivitas fisik berupa naik turun tangga. Peneliti juga menemukan bahwa usia otak menurun dalam setiap satu tahun pendidikan adalah 0,95 tahun.

Bagi mereka yang aktif dalam naik turun tangga penurunan otak mereka dalam setiap tahun hanya 0.58 tahun. Maka mereka sangat merekomendasikan aktivitas naik turun tangga bagi orang dewasa untuk menjaga otak tetap awet.

Agar hasil penelitian ini fair maka peneliti membuat perbandingan dengan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) yang digunakan untuk memeriksa otak non-invasif dari 331 orang dewasa sehat yang berusia antara 19-79 tahun.

Baca Juga:  15 Zat yang Terdapat dalam Urin

Peneliti mengukur berapa banyak materi abu-abu yang ditemukan dalam otak peserta atau relawan. Ternyata otak mereka mengalami penurunan fungsi dan kinerja karena penyusutan saraf dan hilangnya neuron.

Selanjutnya peneliti memeriksa otak orang yang aktif menggunakan tangga atau selalu naik turun tangga.

Hasil AKHIR PENELITIAN INI mengatakan bahwa perbedaan antara usia fisiologis dengan usia kronologis sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan aktivitas fisik. Jadi, salah satu cara menjaga otak tetap awet muda adalah dengan membiasakan aktivitas fisik terutama naik turun tangga.

Aktivitas naik turun tangga adalah salah satu cara yang sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun untuk menjaga kesehatan otak. Namun aktivitas ini sangat disarankan untuk mereka yang lebih tua agar kesehatan otak mereka tetap baik.

Menjaga kesehatan otak agar tetap awet muda dengan aktivitas naik turun tangga bisa dilakukan minimal 1 kali dalam sehari.

Dengan demikian, beruntung bagi anda yang membuat rumah dengan tangga yang tinggi sehingga mereka tanpa sadar sudah menjaga otak dan fisik anda tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here