SHARE
Bumi Hanya Mampu Menampung 10 Miliar Jiwa
Pengungsi kelaparan, merdeka.com

Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa tahun 2100 nantinya penduduk bumi akan berjumlah 10 miliar. Sekarang saja penduduk bumi tidak kurang dari 7 Miliar. Sebuah fakta menakutkan dimana para ilmuwan mengatakan bahwa batas maksimal penduduk bumi adalah 10 M, selebihnya akan sangat mengerikan.

Bukan tidak ada alasan mereka mengatakan demikian. Berikut beberapa alasan untuk mengungkapkan bahwa bumi hanya mampu menampung 10 Miliar manusia.

1. Tidak ada tempat untuk menanam tanaman

10 Miliar manusia membutuhkan makanan yang tidak sedikit. Untuk memenuhi perut bagi sejumlah 10 M maka dibutuhkan hewan ternah dengan jumlah kalau di kumpulkan memenuhi 3,5 M hektar. Bayangkan area ini lebih besar dari benua Afrika yang hanya seluas 3 Miliar hektar.

Disamping itu, manusia tidak hanya butuh daging tetapi manusia juga membutuhkan makanan pangan. Kalau dikumpulkan manusia bumi yang berjumlah 10 M nantinya membutuhkan tanaman pangan seluas 1,8 M hektar yaitu seluas Amerika Selatan. Coba bayangkan sekarang saja manusia sangat sulit untuk mendapatkan tempat yang layak untuk hidup apalagi mereka harus melonggarkan lahan seluas dua benua untuk makanannya.

2. Banyak tanah pertanian mati

Manusia tidak hanya membutuhkan tanaman pangan namun yang lebih penting adalah tanah itu sendiri sebagai tempat menanam. Pertanian sudah dimuali ummat manusia semenjak 11500 tahun lalu, namun hingga kini tanah pertanian semakin menurun kualitasnya.

Kini petani tidak lagi mendapatkan hasil panen secara maksimal, bahkan tidak sedikit lahan pertanian yang tidak bisa lagi ditanam karena kehilangan lapisan humusnya. Contohnya saja di India, disana banyak tanah pertanian yang gersang dan cepat kering walaupun dimusim hujan. Para ilmuwan saja tidak dapat memprediksi berapa lama lagi tanah pertanian di bumi ini bisa di tanami.

Baca Juga:  10 Jalan Paling Ektrem dan Berbahaya di Muka Bumi

3. Adanya ancaman global warming

Ancaman global warming atau pemanasan global sedang menghantui manusia bumi. Rata rata manusia dibumi menghasilkan emisi gas karbondioksida 5 metrik ton per tahun. Sementara warga Amerika menghasilkan 17 metrik ton per tahun. Coba kita bayangkan itu haya dengan 7 M manusia di bumi. Bagaimana kalau bumi melahirkan 3 miliar lagi manusia dengan gaya hidup orang Amerika, ini pasti membuat emisi gas karbondioksida meroket tajam dan membuat pemanasan global semakin mengerikan.

Ilmuwan memprediksi tahun 2100 nanti suhu bumi rata-rata akan naik 2 cc. Ini akan memperparah kondisi bumi, apalagi suhu bumi semakin naik dan tentu pertanian akan berada dalam bahaya. Selanjutnya kelangkaan makanan akan terjadi dimana-mana.

4. Kekurangan Air

Selanjutnya, alasan bumi hanya mampu menampung 10 M Manusia adalah krisi air yang semakin hari semakin bertambah. Sekarang bumi tertutupi air hanya 71%, total volumenya mencapai 1,386 miliar kilometer kubik. Sementara air yang bagus dan bisa digunakan oleh manusia adalah 10 juta km kubik. Ini adalah air dari rawa, sumberbawah tanah sungai dan danau. Dari 10 juta km kubik manusia hanya bisa mengakses 30% saja sementara selbihnya untuk keperluan pertanian.

Nah, bagaimana kalau nantinya manusia bertambah menjadi 10 M. Maka manusia dari sekarang harus berpikir keras untuk mengubah air laut menjadi air layak minum. Belum lagi banyak negara didunia yang iarnya tidak bisa di gunakan untuk keperluan manusia karena sangat kotor seperti di Ethopia, atau bahkan air beracun seperti di China dan Amerika dan beberapa negara lain.

5. Manusia harus jadi vegetarian

Untuk memenuhi kebutuhan 10 M manusia otomatis manusia harus menggunakan lahan ternah sebagai tempat menanam pangan. Artinya mereka dipaksa untuk jadi vegetarian. Ingat! ilmuwan mengatakan bahwa Lahan ternak yang diubah menjadi lahan pertanian hanya mamapu memenuhi kebutuhan manusia 10 M saja selbihnya mereka tidak mau meninggalkan makan daging.

Baca Juga:  4 Jenis Awan yang di Takuti Pilot Pesawat

Kalau demikian ceritanya, bagaimana dengan nasib orang lahir setelah bumi memenuhi 10 M manusia, apa yang akan mereka makan. Sampai hari ini belum ada yang menjawab!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here