Home Kesehatan Diet Buah Buahan Penambah Darah, Buah untuk Penderita Anemia

Buah Buahan Penambah Darah, Buah untuk Penderita Anemia

1359
0
SHARE
buah buahan penambah darah
Beberapa buah untuk menambahkan darah

Buah Buahan Penambah Darah – Anemia adalah penyakit yang terjadi karena kekurangan sel darah merah. Kalau anda mengalaminya maka anda perlu memperhatikan kondisi makanan dan asupan harian anda, anda harus mengkonsumsi makanan penambah darah atau buah buahan penambah darah. Anemia biasanya di tandai dengan gejala seperti cepat lelah, pusing, muka pucat, tidak bergairah. Bagi anda yang mengalami masalah ini anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menambah sel darah merah.

Anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa terjadi karena terlalu menerapkan sikap vegetarian atau memang karena seorang wanita sedang dalam datang bulan. Banyak wanita yang mengeluarkan banyak darah ketika datang bulan sehingga cendrung untuk mengalami kekurangan darah atau anemia. Seorang laki-laki dikatakan kekurangan darah atau menderita anemia kalau jumlah hemoglobin kurang dari 13.5 g/dl. Sementara pada wanita dikatakan menderita anemia kalau hemoglibin pada wanita itu kurang dari 11,5 g/dl. Seseorang yang menderita anemia juga mempunyai jumlah hemaltokrit yang rendah yaitu kurang dari 41% pada laki-laki dan kurang dari 36% pada wanita.

Sebenarnya untuk mengatasi anemia ada banyak suplemen yang bisa di konsumsi, namun selain itu ada cara yang lebih aman yaitu mengkonsumsi makanan alami seperti buah buahan penambah darah. Sebelum anda mencoba mengkonsumsi suplemen sebaiknya anda mencoba makanan penambah darah terlebih dahulu atau buah untuk menambahkan darah, karena cara alami lebih aman dan tanpa efek samping.

Buah Buahan Penambah Darah yang harus di Konsumsi

1. Buah Apel

buah apel buah penambah darahBuah apel adalah buah sehat yang bagus untuk penderita anemia, buah apel mengandung serat dan zat besi yang banyak sehingga sangat bagus untuk mereka yang kekurangan darah. Buah ini mempunyai rasa yang manis dan renyah sehingga banyak di sukai orang. Tentu anda yang anemia juga akan menyukai buah ini.

Baca Juga:  Wanita Ini Hanya Makan Pisang Selama 12 Hari, Apa yang Terjadi?

 

 

2. Alpukat

alpukat buah penambah darahSelanjutnya buah buahan penambah darah adalah alpukat. Alpukat termasuk salah satu buah sehat dengan kandungan lemak nabati tak jenuh, yaitu lemak sehat untuk tubuh. Selain kandungan itu, buah berdaging hijau kekuning-kuningan ini juga kaya akan zat besi sehingga sangat bagus menjadi makanan untuk menambahkan sel darah merah. Zat besi adalah zat untuk menghasilkan dan memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

Baca juga: Buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil

3. Semangka

semangka, buah buahan penambah darahSemangka adalah buah merah dengan kadar air tinggi. Banyak orang mengatakan buah merah ini untuk tambah darah, tapi ini sekilas seperti kelakar saja. Padahal memang benar bahwa buah semangka bagus untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Buah semangka berguna untuk menggerakkan zat besi untuk diserap oleh sel darah merah dan membawa oksigen keseluruh tubuh. Semangka adalah buah dengan kandungan vitamin dan vitamin C yang tinggi yang bagus untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.

Baca: Manfaat semangka

4. Kurma

manfaat kurma untuk menambahkan darahBerikutnya, buah buahan penambah darah adalah kurma. Buah ini tidak asing lagi sebagi buah yang mampu memberikan stamina bagi siapa saja. Kurma selain mengandung vitamin B komplek juga sangat sarat akan zat besi yang berguna untuk produktivtas sel darah merah. Kurma juga mengandung gula yang berguna untuk menambah energi bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat kurma untuk ibu hamil

Itulah beberapa jenis buah buahan penambah darah yang harus dikonsumsi oleh mereka yang menderita anemia. Selain dari yang telah disebutkan di atas masih banyak lagi buah-buahan yang kaya zat besi dan bagus untuk penambah darah seperti daun singkong, bayam dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here