Home Berita Betta Rubra, Ikan Cupang Asal Aceh yang Kini Hampir Punah

Betta Rubra, Ikan Cupang Asal Aceh yang Kini Hampir Punah

322
0
SHARE
betta rubra ikan cupang asal Aceh

Betta Ribra adalah ikan hias yang berjenis cupang asal Aceh, kini ikan kerdil nan indah yang dikatakan asli asal negeri tanah rencong ini hampir punah. Demikian dikatakan Ketua Aceh Betta Communities, Hasbi dalam acara Kontes Ikan Cupang di gampong Batoh.

Keberadaan ikan cupang betta rubra ini dikatakan sudah hilang pada tahun 1808. Namun kemudian ikan cupang ini kembali ditemukan pada tahun 2005 silam tepatnya setelah perdamaian antara GAm dan RI.

Ia mengatakan bahwa ikan cupang ini hidup pada habitatnya yaitu air keruh dengan kondisi hutan yang lebat. Hasbi mengatakan bahwa sejak 2007 ikan cupang asli Aceh ini dikembangkan biakkan di rumahnya Komplek Perumahan PNS Kutaraja Biluy, Gampong Lampeuneurut, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Penangkaran yang dilakukan Hasbi dirumahnya ini kini berjumlah ribuan. Ikan Cupang betta rubra ini tumbuh hingga 7 cm. Warnanya yang loreng orange membuatnya juag disebut dengan cupang rimueng.

Baca juga: Ikan mas dianggap hama di negeri ini

Hal menarik dari ikan cupang betta rubra ini adalah bisa digabungkan secara banyak dalam satu tempat karena mereka tidak bertengkar, ini dengan ikan laga atau iakn cupang pada umumnya yang tidak boleh digabungkan.

Ikan cupang asli aceh ini menurut Hasbi harus terus dikembangkan dan pemerintah juga harus memperhatikan penangkaran ikan ini hingga tidak punah dan bisa menjadi kebanggaan Aceh.

More: Ikan todak raksasa

Baca Juga:  Jejak Dinosaurus Terbesar di Temukan di Skotlandia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here