SHARE
bahaya pola tidur tidak teratur
credit to merdeka.com

Bahaya Pola Tidur Tidak Teratur – Tubuh manusia ternya juga seperti mesin yang tidak sangguh di hidupkan terus menerus tanpa di istirahatkan. Mesin yang bekerja terus menerus akan cepat rusak atau bahkan meledak. Tubuh manusia juga seperti itu, manusia butuh istirahat yang cukup agar kerjanya bisa maksimal, kalau bekerja terus menerus dengan jam istirahat yang tidak memadai, maka tubuh akan rusak dengan munculnya beragam penyakit.

Berikut beberapa bahaya dan efek dari pola tidur tidak sehat yang harus anda ketahui. Mulai sekarang ubah pola tidur atau jaga gaya hidup yang sehat.

Bahaya Pola Tidur tidak Sehat

1. Muncul obesitas

Ternyata tidak istirahat bukan membuat tubuh kurus, tetapi malah membuat tubuh obesita. Terlalu lama tidak istirahat akan merangsang tubuh untuk memproduksi hormon ghrelin. Hormon ini akan menimbulkan rasa lapar dengan cepat dan membuat anda makan banyak atau ngemil aneka makanan. Salah satu cara menghindari pola makan tidak sehat atau gaya hidup buruk ini adalah dengan tidur setidaknya 6 jam sehari semalam.

2. Muncul berbagai penyakit

Selanjutnya, Bahaya pola tidur tidak teratur adalah merangsang munculnya aneka penyakit. Tubuh yang tidak cukup istirahat akan rentan terhadap serangan jantung, obsitas, stroke, detak jantung tidak teratur, gagal jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Menimbulkan kerusakan kulit

Bahaya tubuh tidak cukup istirahat atau mempunyai pola tidur tidak teratur akan merangsang munculnya hormon kortisol. Hormon ini akan memecahkan protein dalam kulit sehingga kulit nampak kusam dan kering serta tidak elastis.

Baca juga berita kesehatan:

Baca Juga:  Ini Penyebab Ketombe di Kulit Kepala yang Tak Kunjung Sembuh

4. Pikun

Pikun sering kali muncul karena pola tidur yang tidak cukup. Ketika tubuh tidak cukup istirahat maka otak lemah dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Ini akan membuat seseorang mudah pikun dan susah dalam mengingat nama atau angka bahkan sesuatu yang lain.

5. Depresi

Bahaya pola tidur tidak teratur atau tidak cukup istirahat adalah menyebabkan depresi. Depresi adalah tekanan mental yang sangat susah di obati, maka perhatikan waktu istirahat anda dengan baik, agar tubuh bekerja maksimal.

Itulah 5 bahaya pola tidur tidak teratur sebagaimana dilansir dari merdeka.com. Dengan adanya informasi ini diharapkan kita bisa mengatur pola tidur yang sehat agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here