SHARE
aspartame, bahaya pemanis buatan bagi kesehatan

Bahaya pemanis buatan bagi kesehatan – Rasa manis seringkali dijumpai pada makanan, kue dan berbagai penganan enak yang kerap kali digemari tidak hanya oleh anak-anak tetapi juga oleh semua usia. Kalau pemanis itu datang dari gula biasa yang digunakan dalam jumlah yang tepat maka ini tidak menjadi masalah atau soal. Namun kalau pemanis ini berasal dari pemanis buatan maka tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Perlu diketahui bahwa sekarang produk makanan yang mengandung pemanis buatan sedang menjamur dan sangat banyak digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Maka wajar saja kalau sekarang sangat banyak muncul aneka jenis penyakit baik pada anak-anak atau orang usia dewasa. Ini sangat meresahkan mengingat berbagai kebutuhan sekarang selalu merujuk pada makanan dipasaran.

Setidaknya ada 5 jenis pemanis buatan yang seringkali kita jumpai dan umum digunakan oleh pembuat minuman manis, kue manis dan aneka macam makanan manis. Berikut 5 bahaya pemanis buatan bagi kesehatan berdasarkan merknya masing-masing.

Baca juga: 10 Bahaya formalin bagi kesehatan

Bahaya Pemanis Buatan bagi Kesehatan

1. Aspartame

Aspartame adalah zat yang mengandung phenylalanine, aspartic acid, dan methanol. Zat ini bisa menyebabkan sakit kepala, penurunan daya ingat, tumor otak, dan stres.

2. Aceslulfame-K

Ini adalah Pemanis yang mengandung methylene chloride, penyebab utama badi penyakit kanker.

3. Sukralose

Pemanis berjenis ini mengandung gula berklorin yang memiliki struktur kimia sama dengan pestisida DDT, penyebab sakit kepala, diare, iritasi kulit, dan terbakar.

4. Saccharine

Mengandung sulfamic benzoic yang menyebabkan diare, alergi, pusing, dan iritasi kulit.

5. HFCS (High Fructose Corn Syrup)

HFCS adalah pemanis buatan yang disebut dengan sirup jagung. Pemanis ini kaya akan fruktosa dan berkontribusi tinggi terhadap masalah obesitas dan diabetes terparah. Selain itu, dapat menyebabkan masalah jantung, kanker, gagal ginjal, dan kerusakan gigi.

Baca Juga:  4 Tips Sukses Bangun Pagi

Itulah 5 jenis pemanis buatan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari serta bahaya pemanis buatan bagi kesehatan manusia. Semoga kita semakin aware dengan makanan pasaran.

Solusi Sehat

Masak makanan dari rumah unuk keluarga tersayang anda, dan hindari anak-anak dari jajan diluar baik selama disekolah atau di lingkungan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here