SHARE
bahaya menggunakan lensa kontak

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak – Lensa kontak sekarang semakin ngetren dan sedang mewabah dikalangan remaja rejama. Bagi mereka yang menggunakan kaca mata kini banyak beralih menggunakan lensa kontak yang di anggap lebih praktis dan mudah ketimbang menggunakan kaca mata. Tanpa mempertimbangkan bahaya menggunakan lensa kontak, mereka semakin asik menggunakan lensa ini. Fenomena ini sah-sah saja sebenarnya, hanya saja yang sangat dikhawatirkan adalah tidak terlalu memperdulikan kebersihan lensa kontak yang digunakan, bahkan masih menggunakannya hingga lebih 8 jam bahka ketika mandi dan tidur masih dengan lensa kontak.

Ironisnya lagi, sebagian mereka yang tidak bermata minus pun ikut menggunakan lensa kontak, apalagi lensa kontak itu kini hadir dengan berbagai warna, sehingga minat remaja semakin menggebu karena mereka menganggap akan tampil semakin keren dengan aneka warna mata. Padahal tanpa memperhatikan kebersihan lensa kontak bisa mengakibatkan bahaya menggunakan lensa kontak hingga infeksi bahkan buta. Sangat mengerikan bukan..!

Bahaya Menggunakan Lensa Kontak

Sebagaimana yang dikutip dari merdeka.com bahwa menggunakan lensa kontak dalam waktu lama atau tidak memperhatikan kebersihan lensa bisa merugikan pengguna karena mengakibatkan berbagai gangguan mata. Salah satu gangguan mata itu adalah keratitis. Keratitis adalah gangguan atau peradangan pada kornea mata yang sangat berbahaya, karenabisa mengakibatkan kebutaan. Lebih lanjut dikatakan bahwa hampir sepertiga pengguna lensa kontak pernah ke dokter untuk mengobati masalah keratitis ini.

Bahaya menggunakan lensa kontak sangat banyak terjadi, salah satunya adalah hasil penelitian yang mengatakan bahwa 8 dari 10 orang pernah mencuci lensa kontaknya dengan air keran. Perlu diketahui bahwa air keran mengandung jutaan mikroarganisme yang bisa menyebabkan infeksi pada mata. Bahaya menggunakan lensa kontak yang sama juga terjadi pada anda yang berenang tanpa mencabut lensa kontak, air yang masuk kemata anda tentu mengandung mikroorganisme dan makhluk ini bersembunyi dibalik lensa kontak anda, sehinga mengakibatkan mata anda infeksi atau pembengkakakn dan menjadi buta.

Baca Juga:  Pentingnya Latihan Otot Dada Bagi Pria

Baca juga:

Selain karena penyebab di atas, keratitis pada mata juga bisa terjadi karena goresan mata akibat dari kuku anda ketika mengeluarkan atau memasang lensa kontak. So, berhati-hatilah.

Lansta apa yang harus dilakukan pengguna lensa kontak agar terhindar dari bahaya menggunakan lensa kontak ini. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Cuci tangan menggunakan sabun dan basuh dengan air mengalir dan keringkan, baru bisa menggunakan atau mencabut lensa kontak
  • Lepas lensa kontak ketika anda hendak mandi, berenang, tidur
  • Bersihkan lensa kontak dengan air khusus untuk membersihkan lensa kontak. Jangan pernah gunakan air keran
  • Ketika menyimpan lensa, perhatikan agar bagian cekung berada dibawah, ini bertujuan agar lensa kontak anda berendam dengan cairannya dan tidak mengalami kekeringan.

Itulah bahaya menggunakan lensa kontak yang harus anda waspadai. Dan perhatikan pula hal yang harus anda lakukan untuk menjaga lensa kontak anda tetap bagus dan aman digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here