SHARE
Sikat-Gigi-Jadi-Sarang-Bakteri

Sikat Gigi Jadi Sarang Bakteri – Sikat gigi adalah senjata pamungkas setiap orang dalam menjaga kesehatan khususnya kesehatan gigi. Tetapi anda perlu mewaspadai bahwa sikat gigi sangat rentan dengan bakteri, walaupun anda telah menutup kepala sikat gigi dengan penutup tetap saja bakteri menjadi musuh utama.

Penjelasan tentang sikat gigi jadi sarang bakteri dijelaskan oleh Maria L. Geisinger, seorang asisten guru besar periodontologi di School of Dentistry, Universitas Alabama, Ia menyebutkan beberapa bakteri yang sering kali menumpuk pada sikat gigi seperti Staph, E.Coli, bakteri usus, dan kuman dari feses.

Dia menjelaskan bahwa bakteri yang ada pada sikat gigi didominasi karena anda tidak mencuci tangan ketika memegang sikat gigi atau bahkan lebih parah lagi terkena cipratan air ketika anda menyiram toilet. Lantas bagaimana cara menjaga sikat gigi agar tidak menjadi sarang bakteri, berikut caranya:

Cara Menjaga Kebersihan Sikat Gigi

1. Bersihkan sikat gigi sebelum digunakan
Sebelum anda mengunakan sikat untuk menggosok gigi maka bersihkan terlebih dahulu pada air yang mengalir. Anda bisa juga mencelupkan sikat gigi anda kedalam air mouthwash sebelum digunakan agar bakteri bisa hilang.

2. Berkumur-kumur
Selanjutnya adalah berkumur-kumur. Ini salah satu cara agar sikat gigi anda terhindari bakteri. Karena menurut pakar kesehatan tak hanya gigi saja yang harus diperhatikan kebersihannya namun juga bagian samping gigi seperti mulut, lidah dll.

Baca juga: Cara memutihkan gigi kuning dalam 5 menit

3. Kalau sedang sakit, pisahkan sikat
Kalau anda anggota yang sakit atau anda yang sakit maka pisahkan sikat gigi anda dengan yang lain, ini untuk menjaga kebersihan sikat gigi dari jangkitan bakteri. Begitu juga juga perhatikan sikat gigi anda setiap 3 bulan sekali dan gantikan dengan yang baru

Baca Juga:  Golongan Darah Anda 'O' Anda Wajib Baca Ini [share]

4. Perhatikan posisi sikat gigi
Ketika anda menyimpan sikat gigi sebaiknya anda menyimpannya dalam keadaan tegak dengan kepala sikat gigi ke atas, simpan dalam ruangan terbuka dalam kamar mandi.

Itulah beberapa cara menjaga kebersihan sikat gigi agar tidak jadi sarang bakteri, sikat gigi adalah alat yang digunakan untuk membersihkan gigi, perhatikan selalu kebersihannya agar gigi anda bersih dan anda tidak menelan bakteri dari sikat gigi. Semoga tips dan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here