SHARE
kerugian-orang-yang-tidak-suka-membaca

7 Kerugian Orang Tidak Suka Membaca – Membaca adalah gerbang ilmu, karena dengan membaca ilmu menjadi luas. Sekarang, di era jejaring sosial, orang lebih suka membca status facebook, membaca twit, SMS, chatting ketimbang membaca buku, membaca sastra dan buku pengetahuan lainnya. Sehingga dipastikan bahwa orang tersebut rugi dengan waktu. Waktu yang terbuang percuma pada hal yang tidak banyak manfaat bahkan sama sekali tidak bermanfaat telah membuat kehidupan ini semakin sedikit ilmu pengetahuan.

Bagi anda yang tidak suka membaca, simak kerugian berikut. Ya kerugian orang yang tidak suka membaca.

Kerugian Orang tidak suka membaca

1. Rugi pengetahuan

Kerugian pengetahuan adalah hal utama bagi anda kalau anda tidak suka membaca. Ilmu pengetahuan adalah kekuatan dan cara mendapatkannya adalah dengan membaca berbagai buku ilmu pegetahuan, seperti sastra, artikel, majalah, literatur, dan buku non fiksi. Dengan membaca buku ini kalian akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang berguna bagi masa depan.

bagi orang yang tidak suka membaca maka pengetahuan dibuku akan terlewatkan dan tentu ilmu pengetahuan orang yang suka membaca lebih bervariasi. Ini tidak menentukan bahwa orang tidak suka membaca lebih bodoh, namun perlu diketahui bahwa orang yang tak suka membaca ilmu nya lebih sedikit dan tidak bervariasi.

2. Miskin kosa kata

Kosa kata baru akan terus ditemukan bagi mereka yang suka membaca, karena yang menulis buku itu adalah orang orang berilmu dan tentu telah menyandang berbagar gelar akademik. Dengan suka membaca maka pengetahuan tentang kosa kata kosa kata baru akan terus bertambah. Kosa kata ini nantinya akan bisa digunakan dalam menulis atau keseharian mereka. Jadi, orang yang suka membaca akan mempunyai data yang lebih lengkap dan mempunyai banyak hal yang akan dikatakan.

Baca Juga:  Rahasia Sukses Pengusaha Dunia di Usia 20 Tahun Terkuak

Kaya kosa kata sangat penting dalam pergaulan, ini akan menambah rasa percaya seseorang ketika berbicara dengan orang lain baik dalam komunikasi atau dalam berbagai interaksi lainnya. Beda dengan orang yang tak suka membaca, bicaranya hanya tentang itu itu saja, stagnan dan tidak menarik ketika didengar.

3. Kemampuan analisis lemah

Kerugian orang yang tidak suka membaca selanjutnya adalah lemahnya kemampuan dalam analisis. Karena kurang atau tidak sering mengasah imajinasi maka analisa seseorang juga akan lemah. Tetapi kalau anda sering membaca buku, terutama buku fiksi maka setiap yang anda baca akan anda cerna alur ceritanya, apakah seperti itu mungkin terjadi atau tidak mungkin. Jadi tiap plot hole akan anda rasakan disana. Anda akan merasakan berbagai ketidak ligika-an dalam alur cerita, tentu ini akan mengembangkan alur logika anda dalam menganalisa.

4. Konsentrasi tak terlatih

Membaca adalah cara lain dalam melatih fokus. Maka orang yang tak suka membaca biasanya tidak fokus dan cendrung bosan atau jenuh serta stres dalam melakukan multi tasking. Multi tasking adalah tugas yang dilakukan secara bersamaan dan ini sangat terjadi di era sekarang. Orang sering mengecek email sambil mengerjakan tugas, dan berbagai kegiatan lainnya terkadang dilakukan dalam satu waktu. Memang zaman ini sudah masuk dalam zaman sibuk, banyak orang dikejar waktu padahal yang dilakukannya juga tidak banyak.

Dalam kondisi ini anda bisa saja stres memikirkan banyak urusan, namun bagi anda yang fokus, walau banyak tugas tetap saja bisa anda pisahkan dan pilah. Ada peneliti bahkan menyarankan agar kita membaca beberapa menit dipagi hari untuk meningkatkan fokus kita.

5. Kemampuan menulis cendrung kaku

Kerugian orang yang tidak suka membaca selanjutnya adalah tidak mempunyai kemampuan menulis yang berkembang. Orang yang suka membaca, dia akan mempunyai kosa kata yang lebih banyak dan data yang lengkap serta banyak referensi, ini tentu akan membuat tulisannya enak dibaca, tidak kaku dan tidak stagnan. jadi semakin banyak orang membaca dan memperhatikan cara orang lain menulis, maka tulisannya juga akan berkembang dan lebih bagus.

Baca Juga:  Prinsip Hidup Bill Gates yang Membuatnya Jadi Orang Kaya

Beda dengan mereka yang tidak suka membaca, tulisannya akan menggunakan kosa kata yang itu itu saja sehingga tidak enak dibaca dan cendrung membuat pembaca menjadi bosan.

6. Membaca menenangkan pikiran

Membaca tidak hanya berkaitan dengan orak semata, tetapi juga menyangkut psikis. Orang yang suka membaca mempunyai jiwa lebih tenang, dan dikatakan bisa menurunkan tekanan darah. Seperti dikatakan di merdeka.com, bahwa membaca buku yang berkenaan dengan pisikologi bahkan bisa membuat seseorang bebas dan terhindar dari depresi.

Orang yang tak suka membaca tidak akan mendapatkan ketenangan dari membaca buku, padahal membaca adalah hal penting tidak hanya untuk memori tetapi untuk kesehatan. Membaca bisa menurunkan tekanan darah, stres dan depresi.

7. Tinggi resiko penyakit otak

Orak di umpakan sama dengan otot, butuh relaksasi, butuh olahraga. Membaca adalah olahraga otak. Orang yang tak suka membaca maka resiko penyakit otaknya cendrung tinggi seperti Demensia atau Alzheimer.

Jadi, ini juga merupakan kerugian orang yang tidak suka membaca, mereka melewatkan waktu waktu bagi olahraga otak, latihan otak yang tentu sangat baik bagi kesehatan.

Inilah beberapa kerugian orang yang tidak suka membaca. Kalau kalian hanya suka membaca status jejaring soail, atau chating, mulai sekarang kurangi aktivitas itu yang dianggap kurang penting, tambahkan waktu anda dengan membaca dan memperbanyak ilmu pengetahuan yang bisa melatih otak, menambah pengetahuan dan kosa kata anda.

1 COMMENT

  1. Rugi banget ya kalau kegiatan membaca kita tinggalkan karena manfaatnya banyak sekali bagi otak kita agar bekerja lebih baik dan bisa mengurang stress dan depresi.
    Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here