Home Tips 7 Hal yang Harus di Perhatikan dalam Penulisan Biografi

7 Hal yang Harus di Perhatikan dalam Penulisan Biografi

1402
0
SHARE
Hal penting dalam penulisan biografi
ilustrasi buku biopgrafi

Tanyoe.com – Menulis biografi mempunyai tata cara tertentu yang harus diperhatikan sehingga biografi yang tulis benar-benar lengkap dan sesuai dengan perjalanan hidup seseorang. Sebelum kita melihat lebih jauh tentang tata cara penulisan biografi, kita lihat dulu apa itu biografi. Biografi adalah catatan perjalanan seorang tokoh yang ditulis secara detail oleh orang lain dari mulai lahirnya sampai wafat.

Biasanya biografi itu ditulis untuk seorang tokoh, ulama, orang yang berjasa dan orang yang populer lainnya di tengah masayarakat. Sebenarnya bisa saja biografi itu ditulis oleh siapa saja dan untuk siapa saja. Namun, karena peroritas untuk pembaca maka tentu biografi biasanya hanya ditulis untuk kalangan tertentu seperti yang telah disebutkan tadi diatas.

Kemudian, Biografi seseorang tokoh itu ditulis oleh orang lain, bukan tidak boleh di tulis oleh dirinya sendiri. Namun karena memperhatikan makna biografi itu sendiri yaitu catatan perjalan hidup dari lahir hingga wafat, maka tentu saja kalau dibuat oleh diri seseorang biografinya tidak akan lengkap. Alasannya adalah biografi itu tidak mungkin tercantum kapan ia lahir dan dimana ia di makamkan. Maka biografi itu harus di tulis oleh orang lain sehingga bisa lengkap.

Menulis biografi ternyata mempunyai beberapa hal menarik yang harus diperhatikan oleh penulis agar biografi yang disampaikan bisa detail dan lengkap serta bisa di baca dengan nyaman oleh pembaca. Berikut beberapa hal penting yang harus di perhatikan oleh seorang penulis biografi.

Hal Penting Harus di Perhatikan Dalam Penulisan Biografi

1. Memilih tokok yang menjadi idola anda, ini bertujuan agar anda mempunyai rasa tertarik dalam mengkaji kisah hidup sang tokoh sehingga biografinya bisa terselesaikan dengan baik dan menarik untuk dibaca.

Baca Juga:  Pria Ini Pilih Bakar Mobilnya daripada Bayar Denda Parkir

2. Menggali sumber selengkapnya tentang tokoh tersebut, baik itu mengenai kisah dan sejarahnya maupun mengenai apa yang ia lakukan andaikata tokoh tersebut masih hidup sekarang.

3. Kemudian, penulis harus mempunyai sebuah misi atau hal yang ingin dikedepankan dalam biografi tokoh tersebut. Sebaiknya hal menarik tentang tokoh ini juga bisa menarik untuk diketahui oleh khalayak ramai.

4. Tampilkan juga apa yang dilakukan oleh tokoh tersebut yang mempunyai dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Hindari menyampaikan kisah sukses seseorang yang hanya akan membuat seseorang itu tidak lagi utuh sebagai tokh yang mesti dikenal seluk beluknya.

5. Menyampaikan cara sang tokoh dalam mengatasi berbagai hambatan dalam hidupnya. Usahakan ini disampaikan dengan bahasa yang menarik dan enak di baca serta menginspirasikan.

6. Cari referensi sebanyak mungkin baik itu dari sumber cetak atau media elektronik.

7. Terakhir adalah penyampaian dalam penulisan biografi itu harus renyah dan segar sehingga membuat pembaca bersemangat dan ingin terus mengetahui tentang tokoh yang sedang kita ceritakan.

Itulah beberapa poin penting yang harus di perhatikan dalam penulisan biografi seorang tokoh. Menyajikan tulisan yang enak di baca adalah sangat penting dalam mencuri perhatian pembaca. Demikan sedikit tips dari kami semoga bermanfaat.

Baca: Biografi Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan Jampes Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here