SHARE
tips-mudik-yang-harus-anda-ketahui

6 Tips Mudik yang Harus Anda Ketahui. Minggu ini sudah mulai adanya pergerakan musik lebaran. Namun sebelum anda mulai melakukan mudik, sebaiknya anda mengetahui beberapa tips mudik berikut ini.

Sebelum melakukan mudik atau balik kekampung halama menjelang lebaran, anda harus mempersiapkan berbagai hal agar perjalanan anda aman anda yang anda tinggalkan juga bisa aman. Sebagaimana yang telah di telusuri oleh bagian mudik, bahwa ada 6 tips mudik yang harus diketahui, selain itu hal hal yang tidak berkaitan dengan kesehatan ternyata juga harus diperhatikan, karena sangat erat kaitan dengan kesehatan seperti gangguan kesehatan, dampak penyakit, cedera dan bahkan kematian.

Berikut 6 Tips Mudik yang Harus Anda Ketahui

1. Persiapan kendaraan
Jauh hari sebelum mudik anda harus mempersiapkan kendaraan anda dengan baik, baik itu motor atau mobil. Periksa Aki, cek kondisi rem, saringan udara dan ban mobil. dan bagian lainnya yang menunjang kenyamanan berkendaraan. Servis kendaraan anda jauh sebelum anda mau mudik, karena kebiasaannya kalau sudah waktu mudik bengkel servis dipenuhi dengan antrean kendaraan.

2. Perhatikan rumah makan, pos keamanan dan penginapan
Kalau perjalanan anda jauh sebaiknya anda suah jauh hari menentukan akan berhenti dimana, dan menginap dimana. Dan perhatikan juga letak pos pelayanan dan rumah makan, sehingga tidak mengganggu perjalanan anda. Anda bisa cek semua itu di internet atau melalui kabar teman anda yang terpercaya tentunya.

3. Tas khusus pakaian
Sebelum anda mudik, persiapkan semua persiapan yang anda butuhkan selama di tempat tujuan anda (kampung halaman). Ini untuk berjaga jaga, siapa tahu anda harus balik lebih lama karena berbagai kondisi, atau mungkin saja banyak pakaian anak anak yang tumpak makanan sehingga butuh pakaian lain.

Baca Juga:  Hasil Muzakarah Ulama Aceh Tentang Pelaksanaan Shalat Jum'at di Mesjid Raya

Pakaian yang anda butuhkan ini sebaiknya dimasukkan dalam tas khusus tempat pakaian sehingga mudah untuk dibawa. Pastikan pakaian bayi diletakkan di bagian atas, agar mudah di jangkau. Sementara perlengkapan bayi lainnya dimasukkan dalam tas khusus perlengkapan bayi.

4. Obat obatan keluarga
Hal penting lainnya dalam tip mudik kali ini adalah persiapan obat obatan. Ini penting untuk berjaga jaga di sepanjang perjalanan atau setelah sampai ketujuan mudik. Di antara obat yang harus dipersiapkan adalah minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak (obat flu, demam, batuk, anti mabuk). Untuk lebih jelas anda bisa mengkonsultasikan ini ke dokter.

Hal lain sangat penting selama mudik adalah menyiapkan kantong muntah, dan anggota keluarga diharapkan untuk tidak mengkonsumsi obat obatan yang bisa memicu kantuk, apalagi alkohol dan norkoba.

5. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Tips mudik selanjutnya adalah pastikan bahwa setiap makanan yang anda makan adalah aman dan sehat. Jangan makan makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas karena bisa menimbulkan gangguan pencernaan selama perjalanan seperti mencret, sakit perut dll. Sebaiknya anda membawa makanan dari rumah agar lebih sehat dan pastikan membawa ait putih. Konsumsi air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tips lainnya adalah jangan menunda waktu makan, dan jangan makan terlalu berlebihan.

6. Jangan malu bertanya
Pemudik dipastikan tidak pulang kampung selama sebulan sekali apalagi satu minggu sekali. Ini tentu menyebabkan kekurangan informasi tentang jalan mudik, karena bisa saja jalan sudah di ubah haluannya atau sudah dibangun aneka bangunan sehingga pemudik bisa saja sesat dalam perjalanan. Hal penting adalah jangan malu bertanya, datangi pos pos jaga disepanjang jalan utama dan tanyakan keluhan anda, kalau memang anda tidak menemukan pos jaga arus mudik, datangi saja kantor kepolisian.

Baca Juga:  Ngeri! Akhir-Akhir Ini Turbulensi Pesawat Sangat Sering Terjadi, Mengapa?

Tips mudik yang terakhir dari tanyoe.com adalah jangan lupa berdo’a kepada Allah sang pencipta yang menggulir setiap waktu dan keadaan.

Itulah 6 tips mudik yang harus anda ketahui agar perjalanan mudik anda aman dan menyenangkan. Selamat MUDIK dari tanyoe.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here