SHARE
makanan yang dihindari malam hari
Shutterstock

Tanyoe.com – Makan malam menjelang tidur atau sebelum tidur adalah hal yang tidak sehat dan tentu memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Cemilan atau makan dimalam bisa menjadi cara buruk dalam menaikkan berat badan dan meyebabkan tidur anda tidak nyenyak. Namun demikian, ada sejumlah makanan yang tidak hanya membuat anda gemuk namun juga merusak kesehatan anda secara serius.

Ada 6 jenis makanan kalau dikonsumsi malam hari akan memberikan dampak serius pada kerongkongan dan tenggorokan anda, maka wajib bagi anda untuk menjauhi makanan ini dimlama hari.

Baca: Cara menjaga kesehatan tubuh yang benar

Ketika mengkonsumsi makanan ini dan merasakan sakit pada tenggorokan dan kerongkongan itu menjadi tanda bahwa cairan asam dalam lambung naik kebagian atas dada atau disebut dengan reflux asam. Anda akan merasakan sensasi terbakar yang dalam istilah medis disebut dengan heartburn.

Dalam kasus tertentu anda juga akan merasakan hal yang berbeda yang disebut dengan silent reflux. Kedua kondisi ini penyebabnya sama walaupun mempunyai gejala yang berbeda. Dalam hal ini anda ditakutkan adaka mengalami rasa sakit ditenggorokan, sulit menelan bahkan anda mengalami batuk kronis.

Penyebab utama masalah ini adalah karena makan dimalam hari. Pakar medis menyarankan kalau anda ingin makan, makanlah 3 jam sebelum tidur. Berikut ada 6 jenis makanan yang sangat berpengaruh pada kerusakan kerongkongan dan tenggorokan anda jika dikonsumsi dimalam hari.

1. Soda

Soda adalah minuman yang sangat asam bahkan dikatakan tidak ada makanan apapun di alam ini yang lebih asam di bandingkan dengan soda. Mengkonsumsi soda bisa menyebabkan kerusakan katub lampung dan kerongkongan apalagi kalau anda mengkonsumsi soda yang berkarbonasi. Hindari minuman ini terutama di malam hari ketika anda akan beranjak untuk tidur malam.

Baca Juga:  Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami

2. Alkohol

Tidak ada yang mengatakan alkohol itu baik untuk kesehatan kecuali mereka yang meminumnya. Mengkonsumsi akohol dimalam hari akan melemahkan katub antara lambung dan kerongkongan anda. Ini menyebabkan bahwa makanan yang anda makan tidak bisa di simpan pada tempat yang benar. Coba, kalau anda berani minum alkohol dimalam maka anda harus siap-siap menghadapi terjadi reflux asam atau kenaikan asam lambung.

3. Coklat

Anda penyuka coklat, coba untuk tidak makan makanan ini di tengah malam. Coklat mengandung tinggi lemak yang bisa melemahkan katub yang berada antara lambung dan kerongkongan. Selain itu, coklat ternyata juga termasuk makanan yang mengandung kafein dan mengandung theobromine yang dikenal dengan stimulan. Makan coklat dalam porsi banyak dimalam hari saat anda akan ketempat tidur bisa membuat anda sakit kepala dan perasaan tidak enak.

Baca: 10 Coklat termahal termahal didunia

4. Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan sehat selama belum di proses, namun mengkonsumsi kacang di waktu malam justru tidak baik untuk kesehtan. Kandungan lemak yang tinggi baik itu sehat atau tidak bisa memicu refluk asam pada tubuh. Jadi, jangan mengkonsumsi makanan sehat ini ketika anda akan beranjak ke ranjang tidur anda.

Baca juga: Manfaat kacang mede untuk kesehatan

Kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang macadamia dan kacang kenari adalah diantara yang sangat buruk untuk dimakan dimalam hari.

5. Keju

Makanan lain yang wajib anda hindari dimalam hari adalah keju. Keju juga termasuk makanan berlemak yang bisa meningkatkan refluk asam pada lambung. Jangan coba-coba makan keju tengah malam terutama yang merk feta dan mozzarella.

6. Kopi

Kopi adalah minuman berkafein yang akan menstimulasi saraf anda untuk tidak mengantuk padahal tubuh anda sudah ingin istirahat. Ini adalah pemaksaan pada tubuh. Namun, bahaya kopi akan menjadi lebih manakala anda mengkonsumsinya dimalam hari. Tidak hanya efek kafein saja yang buruk tetapi juga ngopi dimalam hari bisa menyebakan kasus asam lambung anda meningkat.

Baca Juga:  3 Kerusakan Kulit Efek Negatif Merokok

Itulah daftar makanan yang harus di hindari malam hari. kalau anda merasa lapar tengah malam, pakar kesehatan menyarankan agar anda memilih makanan rendah lemak seperti pisang, teh chemomile, susu rendah lemak atau semangkok sereal dengan kandungan rendah gula. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here