SHARE
6 Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Ibu

6 Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Ibu – Ada sebagian orang tidak suka bahkan tidak mau menyusui anaknya dengan alasan bisa merusak penampilan atau merusak bentuk tubuhnya, sehingga lebih doyan memberikan anaknya susu non ASI. Padahal menyusui ASI bagi bayi anda mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan diri anda. Berikut beberapa manfaat menyusui bagi kesehatan, sebagaimana dilansir dari merdeka.

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Ibu

1. Menurunkan berat badan
Berat bedan setelah melahitkan biasanya bisa bertambah hingga 6 kg, sehingga banyak ibu pasca melahirkan kembali melakukan diet. Padahal dengan memberikan ASi atau menyusui ibu sudah sama seperti diet, karena salah satu manfaat menyusui bagi kesehatan adalah bisa menurunkan berat badan.

2. Menyehatkan bagi tulang
Manfaat lain dari menyusui adalah menyehatkan tulang. Salah satu akibat tulang tidak sehat adalah ada gejala tulang rapuh atau osteoporosis. Wanita paling rentan dengan masalah osteoporosis ini. Pada usia 40 tahun ke atas biasanya wanita mengalami masalah ini. Kalsium pada tulang akan menghilang karena penurunan kadar hormon selama menopause. Wanita menyusui adalah mempunyai resiko paling rendah terhadap menopause.

3. Menurunkan resiko kanker payudara
Wanita yang menyusui memiliki penurunan risiko kanker payudara sebesar 25 persen. Risiko itu akan menurun dengan meningkatnya durasi menyusui bayi. Maka sangat diharapkan agar ibu menyusui mempunyai ASI yang banyak.

Baca juga:

4. Menjadi kontrasepsi alami
Menyusui bisa menunda ovulasi dan itu bisa bertindak sebagai kontrasepsi alami. Masa memnyusui bisa menjadi masa tidak subur bagi anda sehingga bisa menunda kehamilan berikutnya.

5. Meredakan stres dan kecemasan
Manfaat menyusui bagi kesehatan juga bisa meredakan stres. Menyusui tidak hanya baik untuk kesehatan fisik seorang ibu, tetapi juga untuk kestabilan emosionalnya. Ibu yang menyusui bayi mereka memiliki mental yang lebih tenang dan mampu bersikap lebih santai.

Baca Juga:  Khasiat Daun Kelor, dari Sayuran hingga Obat

6. Mengurangi risiko kanker rahim
Kanker rahim adalah salah masalah pada wanita yang sangat menakutkan. Menyusui bisa menjadi salah cara agar wanita terhindar dari ini. Bila Anda menyusui bayi Anda, tingkat estrogen dalam tubuh Anda akan turun. Hal tersebut bisa mencegah risiko kanker rahim karena kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kanker rahim.

Inilah 6 manfaat menyusui bagi kesehatan ibu pasca melahirkan. Menyusui tidak membuat anda kehilangan kecantikan, justru menyusui bayi anda menjadikan hal penting yang bisa menurunkan berat badan serta menjaga anda dari berbagai keluhan kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here