SHARE
senjata yang haram digunakan dalam perang

Senjata yang tak boleh digunakan dalam perang. Ternyata dalam peperangan juga ada aturan yang harus di patuhi walaupun sekrang banyak negara yang tidak mematuhi hukum tersebut. PBB telah mengeluarkan aturan bahwa beberapa senjata tidak boleh di produksi dan tidak dibenarkan untuk digunakan dalam perang.

Alasan kenap senjata tersebut tidak boleh digunakan dalam perang adalah karena senjata itu tidak hanya memusnahkan jiwa tetapi juga bisa menghancurkan lingkungan, menyebabkan penyakit yang berkepanjangan seperti kanker, dan bisa membunuh semua manusia dikalangan sipil.

Namun demikian, tetap saja ada negara yang tidak menggubris peraturan tersebut sehingga mereka menghalalkan segala cara dalam berperang. Berikut beberapa senjata yang haram atau dilarang dalam perang karena efek merusak yang sangat dahsyat.

5 Senjata yang Haram di Gunakan Saat Perang

1. Ranjau Darat

ranjau darat senjata terlarangRanjau darat adalah salah satu senjata yang sangat berbahaya jika digunakan dalam perang. Ranjau darat adalah senjata yang di tanam dalam tanah dan akan meledak ketika ada yang menginjaknya baik itu kendaraan, bintang atau manusia.

Ranjau darat adalah salah satu senjata yang terjangkau dan mudah digunakan sehingga negara miskin pun bisa menggunakannya. Senjata ini biasanya digunakan dalam pengamanan batas negara. Efek merusak yang ditimbulkan oleh ranjau darat ini juga sangat parah bahkan warga sipilpun bisa menjadi korban sewaktu-waktu.

Penggunaan ranjau darat telah lama di larang PBB namu negara produsen seperti AS, Israel, Perancis, RRC, Russia telah menutup mata hatinya demi kepentingan bisnis sehingga mereka tetap memproduksikan senjata terlarang ini. Namun anehnya, tidak ada tindakan apa-apa dari PBB yang membuat peraturan itu sendiri.

2. Cluster Bomb

bomb cluster, senjata terlarangBomb Cluster atau bom tandan atau juga disebut dengan bomb curah adalah bom yang unik. Manakala bomb ini diluncurkan dari pesawat pembomber ia akan pecah dan mengeluarkanratusan bomb kecil berbentuk kaleng. Bomb ini di buat dengan tujuan untuk menghancurkan landasan pesawat terbang dan membubarkan komvoi panser atau kendaraan perang lainnya.

Baca Juga:  MUI Sumbar Serukan Shalat Gerhana Matahari

Bomb cluster di buat dengan berbagai merk seperti CBU/Cluster Bomb Units (Amerika Serikat), Belouga (Perancis), Excalibur (Amerika Serikat). Secara efektif bom ini digunakan dalam perang Iraq, Afganistan dan dalam antara Arab dan Israel.

3. White Phosporus

white phosporus senjata dilarang dalam perangBomb White Phosporus adalah bomb lainnya yang di larang untuk digunakan dalam perang. Bomb ini dibuat dari allotrope yaitu unsur kimia fosfor.

Pembuatan bomb allotrope atau white phosporus ini adalah untuk menghasilkan banyak asapp dengan tujuan menghalangi pandangan musuh atau menutupi arah tembakan. Ketika meledak bomb ini akan cepat menghasilkan asap dan melindungi para tentara dari pandangan intaian musuh. Bomb white phosporus ini sangat terkenal di kalangan infantry, tank, dan artileri.

4. Napalm Bomb

Napalm Bomb senjata terlarang dalam perangBerikutnya, bomb yang di haramkan dalam perang adalah bomb Napalm. Bomb ini sangat berbahaya akibat dari ledakannya. Ketika penyisiran timor leste Bomb ini digunakan TNI dan mendapatkan banyak protes dari negara-negara luar. Namun dalam perang Vietnam (Yom Kippur) serta Israel, Amerika menggunakan bomb ini dalam skla yang lebih besar akan tetapi tidak ada negara yang protes.

Bomb Napalm adalah bomb bakar yang mengandung zat kimia berbentuk pasta. Dan ini akan terbakar dengan serta merta manakala bomb pecah di darat. Pasta yang cair akan menghasilkan nyala api kemana-mana sehingga sangat bagus dalam penyisiran musuh di parit atau hutan.

5. Peluru DU (Depleted Uranium)

depleted uraniumSelanjutnya, senjata yang di larang untuk di gunakan dalam perang adalah Peluru DU (Depleted Uranium). Peluru ini adalah dibuat dari limbah uranium dari hasil pelucutan bomb nuklir. Secara harfiah makna depleted uranium adalah urnium yang dilemahkan radiasinya.

senjata yang haram digunakan dalam perangHal yang sangat menegangkan dari senjata ini adalah karena kemampuannya dalam menembus baja walau dalam ketebalan apapun. Peluru Du ini pernah digunakan dalam perang Irak sehingga tank tank baja irak musnah dengan peluru ini.

Baca Juga:  Tips Aman Belanja Secara Online

Baca: 10 Sniper paling mematikan di dunia

Namun demikian, menurut penelitian bahwa radiasi yang dilancarkan pada peluru ini masih sangat membahayakan manusia. Ini menjadi alasan hingga kini peluru ini dilarang digunakan dalam perang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here