SHARE
alasan lari lebih sehat dari fitnes
©2012 Shutterstock/Wallenrock

Lari di Alam Terbuka Lebih Sehat dari Fitnes – Lari adalah olahraga penting dan sehat yang seharusnya tidak di abaikan oleh siapa saja. Lari adalah olahraga kardio yang kini masuk dalam ruang fitnes, banyak orang kini melirik untuk melakukan olahraga lari diruangan fitnes, padahal banyak anggapan yang mengatakan bahwa lari di luar ruangan lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan fitnes. Sebagaimana yang di katakan merdeka.com ada beberapa keunggulan dan kelebihan melakukan olahraga lari di alam terbuka atau luar ruangan ketimbang di lakukan dalam ruangan fitnes.

5 Alasan Lari di Alam Terbuka Lebih Sehat dari Fitnes

1. Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun
Melakukan olahraga lari diruang fitnes membuat anda harus memperhatikan banyak waktu, akan banyak waktu anda habis kalau anda harus melakukan olahraga lari diruangan fitnes, belum lagi ruangan yang terbatas dan terkadang membuat anda bosan apalagi ditambah dengan udara yang tidak sehat diruang fitnes. Maka melakukan olahraga lari akan lebih efisien kalau dilakukan di luar ruangan.

Melakukan olahraga lari diluar ruangan bisa dilakukan pakan saja dan dimana saja tidak dibatasi oleh waktu anda, kapan saja anda yang ada waktu anda bisa melakukannya. Beda kalau harus ketempat fitnes, anda harus menfcari waktu khusus belum lagi di hari libur tempat fitnes tutup dan beragam halangan lainnya.

2. Bagus untuk kesehatan fisik dan mental
Banyak orang yang beranggapan bahwa berlari diruangan fitnes akan lebih simpel dan terhindar dari cidera. Padahal tidak demikian, justru berlari di luar ruangan lah yang lebih sehat bagi kesehatan fisik dan mental. Irene Davis, seorang profesor rehabilitasi di Harvard Medical School mengatakan bahwa berlari diluar ruangan justru lebih menjaga mereka dari cidera ketibang berlari menggunakan alat fitnes seperti treadmil.

Baca Juga:  6 Makanan Penyebab Batu Ginjal

Tidak hanya itu, berlau diluar ruangan juga bagus untuk kesehatan mental. Para peneliti dari Glaslow University mengatakan bahwa olahraga di luar ruangan bisa meningkatkan kesehatan mental seseorang ketimbang mereka yang lari diruangan tertutup seperti tempat fitnes.

Juga baca: Pentingnya olahraga bagi kesehatan selama kehamilan

3. Bagus untuk pembakaran kalori tubuh
Banyak mereka yang susah menemukan olahraga apa yang bagus untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, padahal anda bisa menemukan dengan mudah. lari adalah jawabannya, berlari adalah olahraga yang mudah dilakukan dan bisa membakar kalori dengan cepat. Harvard Medical School melakukan penelitian dan menemukan bahwa orang yang mempunyai berat badan 185 pon bisa membakar kalori sebanyak 555 kal dengan berlari 30 menit dengan tetap menjaga kecepatan 8 menit per satu mil.

4. Olahraga yang paling murah
Lari diluar ruangan adalah olahraga yang sangat simpel dan sangat murah dilakukan, anda bisa mencoba olahraga ini nyaris tidak perlu mengeluarkan uang. Beda halnya kalau anda melakukannya diruangan, anda harus mengeluarkan kocek utuk sewa berbagai macam peralatan. Olahraga lari diluar ruangan bisa dilakukan tanpa harus membayar, anda bisa berlari dijalan, atau di halaman rumah anda atau dengan mengelilingi kebun anda yang luas.

5. Menghindari rasa bosan
Bosan adalah hal yang sering kali datang ketika kita berolahraga. Namun kalau olahraga lari dilakukan di luar ruangan maka ada banyak faktor yang bisa membangkitkan semangat anda untuk berlari. Bosan misalnya, anda bisa mengusir rasa bosan ini dengan memilih tempat lari yang anda suka dengan pemandangan yang inda misalnya, ditambah dengan udara yang segar dan lain-lain. Tentu ini akan mengusir rasa bosan anda ketimbang anda berolahraga lari di ruangan.

Baca Juga:  Peredaran Beras Palsu Meresahkan, Ini Cara Membedakan Beras Asli dan Palsu

Baca juga: Bunuh stres dengan 4 cara

Itulah 5 alasan kenapa lahraga lari di alam terbuka atau diluar ruangan sangat bagus dan lebih utama bila dibandingkan dengan lari dalam ruangan fitnes. Selamat mencoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here