SHARE
hewan paling berpengaruh dalam sejarah manusia

Hewan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah – Hewan adalah binatang yang seringkali mendapatkan perlakuan jahat pada manusia. Ada manusia yang tidak segan-segan menganiaya binatang bahkan ada yang membunuhnya dengan cara sadis. Padahal hewan adalah termasuk makhluk yang sangat berpengaruh dalam peradaban manusia. Ada sejumlah hewan yang sangat banyak jasa terhadap manusia sehingga banyak orang menyebutnya sebagai hewan paling berpengaruh sepanjang sejarah.

Beriku beberapa hewan yang berperan penting dalam sejarah kehidupan manusia, yuk kita simak!

1. Dolly, kambing kloning pertama di dunia
Domba Dolly adalah kambing kloninagn pertama kali andari sel dewasa dan sanga terkenal di dunia. Sebelum Dolly, memang ada sejumlah hewan yang telah dikloning, namun dari SNA sel embrio, bukan dari sel dewasa seperti Dolly. Terciptanya dolly ini membuktikan bahwa seluruh klon bisa di bua dari sel dewasa yang memiliki fungsi tertentu.

Domba dolly lahir pada 1996 dan tinggal di Roslin Institut University of Edinburg, Skotlandia. Domba ini juga telah melahirkan beberapa domba lainnya, ini membuktikan bahwa hewan klon ini juga bisa melahirkan secara alami.

2. Cher Ami, pahlawan Perang Dunia I
Cher Ami adalah seekor burung merpati pemberani yang menyampaikan pesan untuk tentara US di Prancis selama Perang Dunia I. Memang Cher Ami bukanlah satu-satunya burung yang bertugas sedemikian. Ada 600 burung merpati lainnya yang menyampaikan pesan pada perang tersebut. Tetapi, Cher Ami mempunyai keistimewaan dengan menyampaikan 12 pesan penting di medan perang Verdun, Prancis.

Pada tanggal 4 Oktober 1918, merpati pemberani ini terkena tembakan musuh dan mengalami cedera pada dada dan kakinya. Hebatnya, Cher Ami masih bisa terbang dan tetap menyampaikan pesan penting penyelamatan dan bantuan kepada orang yang terisolasi saat itu.

Baca Juga:  Rush Money 25 November, Ini Bahayanya, Pemerintah Berharap Tidak Terjadi

3. Ham, simpanse pertama ke luar angkasa
Selanjutnya, hewan yang sangat berpengaruh dalam sejarah adalah Ham yaitu seekor simpanse yang dikirim ke luar angkasa. Ham merupakan simpase yang menjadi hominid (manusia dan kerabat dekatnya) pertama ke luar angkasa pada tanggal 31 Januari 2961. Sebelum dikirim keluar angkasa hewan ini terlebih dahulu di dilatih dan diseleksi di Holloman Air Force Base bersama 40 simpanse lainnya.

4. Dodo
Dodo adalah hewan paling berpengaruh dalam sejarah selanjutnya. Dodo merupakan burung tak bisa terbang yang pernah hidup di Pulau Mauritius, Samudera Hindia. Ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1598, burung ini sebenarnya diburu karena daging mereka. Namun karena tidak terlalu lezat, penurunan spesies burung ini lebih disebabkan karena kucing, anjing, dan tikus.

Lebih dari 1.680 dodo punah saat itu. Tetapi, karena banyak orang Eropa yang berminat, tulang belulang dan tubuh yang tersisa dari dodo kemudian di bawa pulang ke rumah mereka. Salah satu dodo yang paling terkenal adalah dodo yang diumumkan oleh kolektro abad ke-17, John Tradescant.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here