SHARE
negara terkorup di dunia

10 Negara Terkorup di Dunia – Korupsi di Indonesia sudah sangat familiar terdengar bahkan hampir tidak ada hari media memberitakan tentang para koruptor yang menghabiskan sejumlah besar uang negara. Namun bagaimana di luar negeri, apakah mereka bebas dari korupsi atau malah mereka menduduki tingkat korupsi yang lebih parah.

Kalau kita menimbangkan negara terkorup di dunia maka Indonesia belum apa-apanya, ini berarti masih sangat banyak negara lain yang tingkat korupsinya memperihatinkan. Namun bukan berarti Indonesia negara bersih korupsi. Di Asia Indonesia menduduki tingkat 12 negara terkorup, dan tingkat 107 negara bebas korupsi dari 174 negara (data dari transparency.org pada 2014). Luarbiasa juga ternyata Indonesia tingkat korupsinya, Malaysia masuk dalam peringkat ke 50 negera bebas korupsi, dan Singapura masuk dalam peringkat ke-7 negara bebas korupsi. Lantas negara manakah yang berada pada peringkat pertama negara terkorup di dunia atau paling korup, berikut ulasannya hingga 10 negara.

10 Negara Terkorup di Dunia

10. Libya

negara terkorup libiyaLibya adalah negara yang kini diporakporanda oleh berbagai tekanan konflik. Sehingga kini negara Libya tidak mempunyai sistem pemerintahan yang akurat. Pemerintah yang sekarang adalah pemerintahan transisi yang terjadi dan lahir akibat berbagai konflik politik negara. Pemerintahan transisi ini dinilai mempunyai tingkat korupsi yang sangat tinggi hingga 62%, ini semuanya mengakibatkan peraturan negara tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagian besar korupsi yang terjadi di negara Libya adalah akibat dari hubungan liya dengan negara asing. Seperti contohnya negera asing yang menyogok tinggi kepala negara Libya dengan cara diberikan kesempatan keliling dunia bahkan hingga insiden yang melibatkan belasan triliun rupiah.

Baca Juga:  Anda Harus Baca! Dialog Anak dan Ayah yang Membuat Jutaan Orang Tercengang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here