SHARE
bahaya banyak makan menurut imam ghazali
Ilustrasi banyak makan

10 Bahaya Banyak Makan Menurut Imam Ghazali – Banyak makan adalah tabi’at atau kebiasaan yang sangat buruk baik bagi kesehatan jasmani maupun bagi kesehatan rohani. Seorang imam tasawuf terkemuka Imam Ghazali menyimpulkan 10 bahaya banyak makan atau dalam kitabnya Sirajut thalibin dikatakan dengan 10 penyakit akibat dari makan banyak.

10 Bahaya Banyak Makan Menurut Imam Ghazali

1. Banyak makan menyebabkan matinya hati dan hilangnya cahaya dalam hati, sehingga manusia akan bebal dengan kebenaran dan susah atau sulit dalam menggerakkan jiwanya untuk ibadah kepada Allah. Makan di umpamakan seperti bercocok tanam, kalau tanaman terlalu banyak disirami air maka ia akan mati. Begitu juga manusia, kalau manusia terlalu banyak memasukkan makanan kedalam perutnya, maka hatinya akan mati dan hilang cahayanya.

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadist.

لاتميت القلب بكثرةالطعام والشراب, فان القلب يموت كالزرع اذا كثر عليه الماء

Artinya: “Jangan kalian matikan hati dengan banyak makan dan minum, karena hati bisa mati seperti tanaman apabila disirami banyak air.”

Sebahagian ulama shalihin mengumpamakan perut dengan periuk yang mendidih dibawah hati, uap dari periuk naik keatas mengenai hati, maka uap tersebut akan mengotori hati dan membuat hati jadi berdaki.

2. Bahaya banyak makan yang kedua adalah bisa memnagkitkan hal yang sia-sia, menimbulkan fitnah anggota, mudah dalam berbuat maksiat. Karena seseorang ketika kenyang ia akan rindu untuk memandang hal hal yang haram dan sia sia, telinga akan terdorong untuk mendengar hal yang haram dan sia-sia, lisan terdorong untuk mengucap hal haram dan sia-sia, begitu juga dengan faraj (kemaluan) akan cendrung untuk mengikuti nafsu dan juga membangkitkan seseorang untuk berjalan pada yang haram dan sia-sia.

Baca Juga:  Subhanallah! Ada 266 Tulang dan 660 Otot Bergerak Ketika Shalat

3. Banyak makan menandakan sedikit paham atau sedikit pemahaman dan ilmu, karena kenyang akan menghilangkan kecerdasan. Syeikh ad-Darani mengatakan bahwa apabila kamu mempunyai hajat atau keinginan baik dunia atau akhirat, maka jangan engkau kenyang kecuali engkau telah mencapai hajatmu. Karena makan sampai kenyang bisa mengubah akal dan menghilangkan kepandaian.

Baca juga:

4. Bahaya banyak makan selanjutnya adalah sulit dan susah dalam beribadah. Seseorang apabila kenyang maka tubuhnya akan terasa berat untuk segala urusan, matanya akan dibebani kantuk, dan tubuhnya akan lemah. Orang seperti ini tidak akan bisa melakukan sesuatu melainkan tidur seperti bangkai yang tercampakkan.

Ada yang mengatakan bahwa:

اذا كنت بطينا, فعد نفسك زمينا

Artinya: “Apabila engkau kenyang, maka anggap dirimu itu orang yang lumpuh”.

5. Banyak makan menghilangkan kemanisan ibadah atau ketenangan dalam ibadah. Ini merupakan bahaya banyak makan selanjutnya yang sangat ditakuti oleh orang orang yang ingin dicintai Allah.

Dalam hal ini Abu Bakar as-Shiddiq berkata: “Aku tidak pernah lapar semenjak aku masuk Islam, supaya aku mendapatkan ketenangan dalam beribadah kepada Tuhanku, dan aku tidak banyak minum semenjak aku Islam, karena aku rindu untuk berjumpa dengan Tuhanku”.

6. Banyak makan adalah bahaya besar dalam hidup, karena bisa menjatuhkan seseorang dalam haram dan syubhat. Karena yang halal adalah sesuatu yang kita makan untuk menguatkan tubuh kita. Sementara yang lebih dari itu adalah sia-sia atau haram.

7. Bahaya banyak makan selanjutnya adalah bimbang hati dan badan dalam mencari harta dan makanan. Sudah dalam menyiapkan makanan, kemnudian makan, mengosongkan perut dengan bolak balik ke toilet, dan bimbang dengan keselamatan dari berbagai gangguan kesehatan akibat makanan, seperti penyakit penyakit akibat dari makanan.

Baca Juga:  Nasehat Agung Lukmanul Hakim Ketika Hendak Wafat

Dalam hal ini Rasulullah bersabda:

أصل كل داء البردة

Artinya: Asal tiap penyakit adalah perut yang kenyang.

8. Banyak makan bisa menyebabkan seseorang selalu gagal dalam mencapai urusan akhirat seperti ibadah. Selain itu, bahaya yang sangat besar dari banyak makan adalah susah ketika sakaratul maut (na’u zubillah).

9. Kurang pahala di akhirat kelak. Ini adalah bahaya banyak makan selanjutnya, karena banyak makan termasuk dalam berlazat lazat dengan kehidupan dunia, menikmati kehidupan dunia dengan begitu antusias. IMam Ghazali mengatakan bahwa seberapa besar kita menikmatikelezatan dunia, maka sebesar itulah kelezatan akhirat kita berkurang.

10. Menjadi tercelah dihadapan Allah karena tidak beradab dengan mengambil hal sia-sia dan menuruti keinginan nafsu.

Itulah 10 bahaya banyak makan menurut Imam Ghazali, maka sepantasnya manusia memperhatikan masalah makanan dan makan. Karena apa yang kita makan itulah keluar. Kalau yang dimakan haram, maka yang keluar juga haram. Artinya, apabila makanan kita haram, maka tingkah laku kita cendrung maksiat dan mengikuti hal yang haram.

Dengan mengetahui bahaya banyak makan, maka sebaiknya manusia ini hanya makan dengan kadar kuat dan mampu dalam membangun hubungannya dengan Allah dan dengan sesama manusia, tidak makan untuk berlazat lazat dengan yang halal, apalagi bersenang senang dengan yang haram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here