SHARE
Alasan Anda Harus Menghindari Minuman Soda

10 Alasan Anda Harus Menghindari Minuman Soda – Minuman soda adalah minuman yang berbahaya bagi kesehatan untuk jangka waktu lama. Namun, orang Amerika rata-rata minum 56 gallon soda setiap tahun. Beberapa orang malah lebih banyak minum soda dibandingkan dengan air, bahkan ada yang sama sekali tidak minum air dalam sehari melainkan hanya soda. Minuman bersoda adalah minuman multi miliar dollar, dan minuman ini adalah seper empat dari semua minuman yang ada di Amerika. Maka perlu ditegaskan bahwa minuman ini sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian singkat bahwa minum soda dalam jumlah sedang mempengaruhi dan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

10 Alasan anda harus menghindari minuman bersoda

Dalam sebuah kaleng soda mengandung 10 sendok gula. Jumlah soda yang seperti ini akan membuat kadar gula darah meningkat tajam dan mempengaruhi reaksi insulin. Dari minuman ini saja kesehatan kita telah hancur, apalagi dipengaruhi oleh faktor kesehatan lainnya. Perusahaan minuman ringan adalah pengguna gula terbesar dalam negeri.

Alasan selanjutnya kenapa anda harus menghindari minuman bersoda adalah karena kandungan asam fosfat. Asam fosfat bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium sehinghga tubuh mengakibatkan osteoporosis, gigi berlubang, dan perlunakan tulang. Asam ini juga berpengaruh bagi asam lambung, sehingga memperlambat penyerapan nutrisi bahkan mengahalangi penyerapan nutrisi.

Alasan anda harus menghindari minuman bersoda adalah karena minuman ringan ini juga mengandung aspartam. Asapartam adalah zat berbahaya yang digunakan untuk menggantikan gula. Adanya aspartam dalam minuman telah dikaitkan dengan ratusan masalah kesehatan kejang, multiple sclerosis, tumor otak, diabetes, dan gangguan emosional dan lain-lain. Diet minuman soda juga bisa meningkatkan resiko sindrom metabolik yangmenjadi penyebab tertumpuknya lemak perut, naiknya kolesterol, dan meningkatkan gula darah.

Baca Juga:  Ibu Hamil Dilarang Makan Mie Instan

Soda adalah minuman kaya kafein yaitu zat yang dihubungkan dengan berbagai kanker seperti kanker payudara, jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Makanan dan minuman pembakar kalori

Selanjutnya, Anda harus menghindari minuman bersoda atau minuman kalengan karena air yang digunakan adalah air keran yang bisa saja mengandung bahan kimia seperti klorin, fluoride, logam berat dll.

Sebuah penelitian dari Harvard University mengatakan bahwa minuman bersoda punya hubungan dengan obesotas. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa orang yang minum soda selama 12 tahun banyak yang mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak minum. Setiap porsi soda yang diminum setiap harinya menyebabkan naikknya resiko obesotas sebanyak 1.6 kali.

Selanjutnya, alasan anda harus menghindari minuman bersoda adalah karena mengandung fruktosa dari jagung. Fruktosa ini murni dari jagung dan kebanyakan jagung sekarang telah dimodifikasi dengan rekayasa genetik, dan tentang masalah rekaya genetik, tidak studi jangka panjang yang menjamin keselamatan rekaya genetik. Tak hanya itu saja, proses pembuatan fruktosa juga melibatkan sejumlah merkuri yang di anggap berbahaya untuk kesehatan kangka panjang.

Tidak mempunyai nilai gizi. Minuman soda (apapun merknya) sama sekali tidak ada gizi didalamnya. Soda adalah zat tak alami yang merugikan kesehatan tubuh.

Baca lagi: Hal mengerikan terjadi setelah minum soda

Dapat menyebabkan dehidrasi kronis. Alasan lain yang membuat anda harus menghindari minuman bersoda adalah karena mengandung tinggi gula, sodium, kandungan kafein. Zat ini akan menyebabkan rasa haus terus menerus. Semakin banyak anda meminum minuman ini maka anda akan semakin haus, dan dikatakan kalau terus minum soda maka tubuh bisa dehidrasi kronis.

Baca Juga:  Ini Makanan Alami Pencuci Mulut

Minum soda secara terus menerus juga meberikan efek buruk bagi gigi. Soda yang diminum terus menerus akan menyebabkan plak pada gigi dan mendorong untuk terjadinya gigi berlubang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here